yang aneh-aneh

cari ilmu tanpa batas……!!!!!!!

Tetua Suku Maya: Tahun 2012 Bukan Hari Kiamat

Posted by Orang Aneh pada 17 November 2009


Seorang tetua dari Suku Maya, Apolinario Chile Pixtun kerap diberikan pertanyaan bertubi-tubi seputar ‘Kiamat 2012″ dimana menurut kalender Maya pada 21/12/2012 dunia akan berakhir. Namun, dengan tegas dia menepis pernyataan tersebut.

Melansir pemberitaan Association Press, Selasa (13/10) diberitakan, tetua dari suku Maya ini merasa gerah dengan pernyataan tersebut. Terlebih-lebih dengan bakal munculnya film buatan Hollywood “2012” yang menggambarkan berbagai bencana menghantam Bumi termasuk gempa besar, meteor dan tsunami.


Chile Pixtun yang keturunan suku Maya Guatemala menegaskan, sejumlah teori terkait peristiwa 2012 itu adalah pernyataan yang dilontarkan orang Barat sendiri dan bukan dari suku Maya. Dia membenarkan bahwa menurut suku Maya, perhitungan kalender akan berakhir pada 21/12/2012. Akan tetapi, itu bukanlah akhir dari segala-galanya.


Nada serupa juga dilontarkan Jose Huchim, arkeolog Yucatan Maya, “Sewaktu saya pergi ke sejumlah komunitas suku Maya dan bertanya kepada mereka apa yang akan terjadi pada tahun 2012, mereka sama sekali tidak tahu. Kemudian, ketika saya menyatakan bahwa dunia akan kiamat. Mereka tidak memercayainya.”

Peradaban Maya yang tercatat dari tahun 300 Masehi hingga 900 Masehi memiliki kemampuan astronomi yang luar biasa. Kalender mereka dimulai dari tahun 3114 SM menandai periode 394 tahun yang dikenal dengan nama Baktun. Angka 13 dianggap sakral oleh suku ini dan Baktun ke-13 berakhir sekitar 21 Desember 2012.

Selain itu tahun 3114 SM juga dianggap tahun yang akurat. Sebab, pada tanggal 13 Agustus 3113 Sebelum Masehi (SM) secara tepat dan akurat dikatakan sebagai awal dari peradaban manusia di bumi. Karena diperkirakan Dinasti Mesir I tercatat kira-kira pada 3100 SM, dan kota pertama, Uruk, di Mesopotamia, juga berdiri sekitar tahun 3100 SM. Angka ini juga bersamaan dengan berdirinya kerajaan Hindu Kali Yuga.


Dan yang paling menarik adalah, pembagian waktu menjadi 24 jam dari setiap 60 menit dan setiap menit menjadi 60 detik, termasuk satu buah lingkaran penuh adalah 360 derajat, juga ditemukan kira-kira 3100 SM, di Sumeria.

David Stuart, spesialis epigrafi Maya di University of Texas mengungkapkan, “Tanggal 21 Desember 2012 adalah peringatan penciptaan khusus. Suku Maya tidak pernah mengatakan dunia akan berakhir pada masa itu. Mereka juga tidak mengatakan hal-hal buruk atau bencana yang bakal terjadi pada hari itu. Mereka hanya mencatat peringatan Monumen Enam.”

Sumber : disini

20 Tanggapan to “Tetua Suku Maya: Tahun 2012 Bukan Hari Kiamat”

  1. […] seperti yang kita tau bahwa suku maya mengakhiri penanggalannya pada tanggal tersebut,, namun, banyak berita simpang siur yang beredar yaitu mengenai kiamat,, karena kalender suku maya berakhir pada tanggal tersebut,, namun, mari kita perjelas bahwa berita itu adalah tidak benar,, seperti yang kita tahu bahwa ketua suku maya sendiri telah mengeluarkan statement yang membantahnya,, silahkan chek di sini,, […]

  2. safatyanwari said

    Hemmm

  3. […] Tetua Suku Maya: Tahun 2012 Bukan Hari Kiamat […]

  4. yunus said

    no coment,,oz takdir itu hny-l alloh yg mnentukan

  5. indovision said

    Manusia meramal, Tuhan yang menentukan.

  6. dyat_ajah said

    hanya tuhan lah yg tau kapan kiamat itu akan datang

    mau suku apapun tiada yg tau akhir dunia ini.

    mungkin hanya orang yg ingin mencari keuntungan saja yg akan menikmati nya

  7. wen said

    Kiamat atau tidak, yang penting tetap ngeblog

  8. bulzqi said

    rekayasa orang hollywood saja tuu..
    sebelumnya di gembar gembor ada kiamat 2012, sbnrnya br filmnya laku keras..
    sisi negatifnya : PEMBODOHAN MASAL..
    sisi positivnya : filmnya rame juga ya gan!! cukup menghibur… keren sie special efectnya..😀

  9. doni said

    2012 tu bkn kiamat,,,
    tapi lampung kalianda mau bkin mall..
    hehehehe

  10. Tanpa nama said

    Menurut w flim tu,pembelajaran wat kta,klo 5uatu 5aat nanti akan trjadi bencana yg amat 5angat be5ar,n q percya. . .
    Tp bencana bukn berarti kiamat.

  11. edward said

    film barat membuat film dengan memandang ke masa depan.harusnya film nasional kita mencontoh hal seperti itu..karena kita hidup, harus melihat ke depan agar bertambah lebih maju.karena seperti yg kita lihat..orng barat membuat film main2 dgn serius..sedangkan film kita,filmnya serius dibuat dengan main2..

  12. suara said

    bukan kiamatlah cuman bencana besar. salam kenal

  13. suara said

    aneh banget nih kuburan. di tebing lagi. salam kenal

  14. bener kan , ya begitulah barat kadang memutar balikan fakta. atau hanya sebuah gosip kecil dan di hembus-hembuskan. ini berarti salah satu bentuk pelurusan terhadap isu atau prediksi tentang kiamat. dan ternyata telah di bantah sendiri oleh keturunan suku maya. Terima kasih informasinya ini menambah wawasan kami. terima kasih

    • michael said

      semua datang dari diri sndiri.. tidak ada pihak yg patut disalahkan.
      bgmn diri qt menilai sesuatu hal…

  15. dan said

    Salam..
    katanya nanti malam atau dini hari kan ada hujan meteor
    http://danangwirawan.wordpress.com/2009/11/17/hujan-meteor/

  16. wah info menarik…klo filmya itu menurut saya memang memanfaatkan isu utk kepentingan bisnis

    • Orang Aneh said

      nur: mungkin juga, tapi gara2 pelm gitu banyak isu orang yang jadi takut dengan akhir dunia, mengapa harus ditakuti coba?!

    • edward said

      menurut gua justru film itu sangat bagus..film tersebut merupakan peringatan bagi kita sebagai manusia supaya kita sadar dan bisa berbenah diri,,film tidak ada yang salah..justru membuat hiburan.kalo beriman kenapa kita mesti takut..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: