yang aneh-aneh

cari ilmu tanpa batas……!!!!!!!

Situs dan Blog Diincar Pajak

Posted by Orang Aneh pada 5 Agustus 2009


JAKARTA: Pemerintah akan menarik pajak bagi pemilik situs pribadi atau blog yang memasarkan produk melalui Internet.

Maraknya penjualan berbagai jenis produk melalui blog pribadi dinilai sebagai peluang ekonomi baru.

Kusmayanto Kardiman, Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menrsitek), mengatakan tingginya pertumbuhan blog pribadi yang dimanfaatkan sebagai sarana jual beli, mulai dari promosi hingga pemesanan merupakan sebuah potensi positif.

“Pemerintah melihat itu sebagai suatu potensi pemasukan baru dari pajak,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan penarikan pajak akan dibarengi dengan pemberian insentif kepada para pemilik blog dan masyarakat yang belanja dari sana. Namun, bagaimana sistem penarikannya harus dibuat skemanya lebih dahulu.

Pemerintah sendiri dipastikan tidak bisa memberikan insentif secara langsung. Paling dilakukan secara tidak langsung dengan menggunakan dana pajak untuk memperluas infrastruktur sehingga penggunaan Internet bisa menjangkau wilayah yang lebih luas dan lebih murah.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur merupakan bentuk insentif tidak langsung, tetapi dampaknya akan langsung terasa bagi para wirausaha yang menggunakan media pemasaran Internet.

Infrastruktur Internet di Tanah Air masih sangat tertinggal, yang di antaranya terlihat dari aksi partai potilik dan calon legislatif pada pemilu kali ini. Mereka kurang menggarap kampanye digital melalui media Internet, karena jumlah penggunanya sangat kecil dibandingkan dengan total penduduk Indonesia.


Perkembangan industri digital di Indonesia sejauh ini menunjukkan peningkatan signifikan. Hal itu terlihat dari pertumbuhan jumlah perusahaan yang melakukan kegiatan promosi, pemasaran, dan komunikasi melalui Internet, dan media digital lainnya.

“Saya optimistis dengan ini semakin banyak anak muda yang bisa berwirausaha di bidang terkait,” ujarnya.

Shinta Dhanuwardoyo, CEO PT Bubu Kreasi Perdana, mengatakan pihaknya berusaha mengembangkan kesadaran masyarakat muda dalam memanfaatkan Internet sebagai media kampanye dan pemasaran digital yang murah meriah, salah satunya melalui pemberian anugerah.

“Kami meluncurkan kompetisi Bubu Award V.06 untuk menstimulasi para pelaku industri terkait merancang kampanye pemasaran digital. Apalagi Industri digital Indonesia diproyeksikan tumbuh 100% hingga 2010,” ujarlanya.

Tahun ini Bubu Award mendorong para calon pesertanya yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk melakukan eksplorasi lebih dalam terhadap objek wisata Taman Nasional Komodo.

Sumber : web.bisnis.com

wah,wah, sial, baru aja nge-Blog dan lagi buat website sendiri, udah mau kena pajak. Kalo pake hosting gratis kena pajak juga gak ya?! atau mungkin malah disuruh bayar dari pihak hosting. T_T

13 Tanggapan to “Situs dan Blog Diincar Pajak”

  1. indoasli said

    teringat akan raja inggris bernama john yang tak mampu memerintah,, akhirnya ia memberi pajak yg tinggi pd rakyatnya,, akankah pemimpin indonesia sebobrok itu?

  2. Pejuang said

    blog gratisan mau usaha kena pajak ” Apa Kata Dunia

    apa bisnis ppc juga kena pajak? Wkwkwk.

    😥 yah kepotong pajak dunk

  3. Salam persahabatan

  4. KangBoed said

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU TERSAYANG

    I LOVE YOU FUUUUUULLLLLLLLLLLLLLLLLLL

  5. mikha_v said

    Bagi saya sih ngga masalah asal pajaknya berada pada produk yang dijual, bukan pada website nya. Sehingga, kalo ngga laku, ya ngga ditarik pajak.

  6. dekaku said

    jualan gak laku masa di tarik pajak??

    capek deh

  7. gw gak setuju!! bikin wp aja gratis, masa ‘ngisi jualan’ aja bayar?? sangat tidak setuju…

  8. Singal said

    di jalanan juga sdh langsung dipajak pak ogah.

  9. waduh. yo keterlaluan itu! lha wong orang-orang lagi pingin belajar buat blog, koq dicegat pajak. gimana kita pada mo kreatif? pingin sukses dengan modal yang lebih hemat, ee… tukang pajak dengan santainya punya ide SERAKAH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: