yang aneh-aneh

cari ilmu tanpa batas……!!!!!!!

Rotasi Bumi Saat ini Semakin Melambat !!!!!!

Posted by Orang Aneh pada 1 Juli 2009


ngeri gan, setelah baca artikel dimajalah, saia iseng2 cari info tentang bumi dan hasilnya………

Rotasi Bumi Saat ini Semakin Melambat !!!!!!

Sebelumnya agan2 tahu apa rotasi bumi itu, yaitu bumi yang berputar pada porosnya sehingga menciptakan adanya siang dan malam. Namun apa rotasi bumi itu stabil?, tidak juga gan,, seperti yang kita tahu bumi itu berotasi sekitar 23 jam 56 menit 4 detik. seorang pakar astronomi dari lembaga penerbangan dan antariksa nasional (LAPAN) menyatakan waktu yang dibutuhkan bumi berotasi saat ini jauh lebih lama dibandingkan dengan masa-masa awal terbentuknya bumi. Sekitar 620 juta tahun lalu satu hari di bumi membutuhkan waktu sekitar 22 jam. Hal ini di ketahui dari data-data geologi dan astronomi yang ada.

Menurut thomas pakar dari LAPAN, perubahan kecepatan rotasi bumi yang berengaruh terhadap lama waktu dalam satu hari di bumi disebabkan faktor luar bumi. Ada beberapa pendapat yang menyebabkan rotasi bumi melambat disebabkan bumi semakin berat. Ada pula bumi semakin berat karena batu-batuan luar angkasa / meteorid namun itu tidak berpengaruh banyak, namun ada penyebab yang sangat di mungkinkan yaitu efek pasang surut bulan yang berdampak pada gaya tarik bumi dengan bulan yang berakibat bulan semakin jauh dengan bumi. Ratusan juta tahun lalu, bulan juga mengalami pelambatan rotasi layaknya bumi saat ini. Posisi bulan saat itu sangat dekat dengan bumi karena bulan sebenarnya berasal dari material bumi yang terlontar setelah ada tumbukan dengan benda langit sebesar mars. Karena proses kondensasi akhirnya bulan berbentuk bulat seperti saat ini. Rotasi bulan juga semakin melambat, diperkirakan ratusan juta tahun lagi bulan akan berotasi selama 48 hari waktu bumi.

Jika kondisi itu terus berlanjut dan dikaitkan dengan sistem bumi-bulan-matahari, sinkronisasi bumi dan bulan akan lebih hebat dari sekarang, maksudnya gan, saat ini waktu rotasi bulan dan waktu revolusi bulan terhadap bumi (1 bulan) sudah hampir bersamaan. Rotasi bulan memakan waktu 27,3 hari, sedangkan revolusi bulan terhadap bumi sekitar 29 hari, 12 jam, 44 menit, 2.8 detik.

Dalam waktu ratusan juta tahun ketika rotasi bulan melambat dan rotasi bumi melambat, para astronom memprediksikan bahwa hanya ada satu wilayah bumi yang akan melihat bulan. Posisi bulan pun akan semakin menjauhi bumi. Jangan khawatir gan kjadian itu bakal terjadi sekitar 6.000 tahun lagi koq (cicit kita kebagian tuh gan).

Pada saat itu, akibat dari rotasi bumi dan bulan yang semakin melambat, musim di belahan bumi selatan dan belahan bumi utara bakal tukeran. Jadi kalo sekarang bulan juli bumi bagian utara mengalami musim panas, pada juli 6.000 tahun lagi bakal mengalami musim dingin…aneh gan pantesan ajah dari sekarang cuaca udah gak nentu,, oh iya rotasi bumi pada awal-awal terbentuknya bumi itu sekitar 6 jam gan, gila 1 hari=6 jam, 4,6 miliar tahun lalu 1 hari=14 jam, 620 juta tahun lalu 1 hari=22 jam, sekarang 1 hari=23 jam, 56 menit, 4 detik… Rotasi bumi mengalami perlambatan sekitar 0,005 detik per tahun perhitungan berdasar jam atom gan…. ( Dari berbagai sumber )


save our planet

30 Tanggapan to “Rotasi Bumi Saat ini Semakin Melambat !!!!!!”

  1. wawa said

    hanya TUHAN Yang Maha Mengetahui gan….

  2. 3pel x said

    Kl iklim emg udh g bs dprediksi, tp bukanny 1hr mlh krasa tmbah cpet akhr2 ni?? Jd mlh tmbh cpet dunk rotasiny? Aneh lu..

  3. tari said

    terasa lbh cpt dr yang dulu………..

  4. Mata berkata buta,

    Sekata seakan tak semakna,

    Seluruh hati dan jiwa,

    Hanya selalu dirantai tanda tanya……………..

  5. […] baca ini disitu dikatakan bahwa rotasi bumi semakin melambat yang mengakibatkan waktu di bumi menjadi lebih […]

  6. mikha_v said

    hmm tapi bukannya memang jarak bumi-bulan, jari-jari bumi, bertambah dari tahun ke tahun?

    Kalo memang itu sudah faktor ilimiah ya mau dibagaimanakan lagi? Kecuali kalo semuanya disebabkan oleh global warming, nah barulah kita mesti tanggung jawab. “Save our Planet”.

  7. aliena mumtaz said

    kiamat sudah dekat

  8. ryujisan said

    weh-weh…..

    klo nambah terus, berarti ntar jam kerja nambah juga donk???? capek donk…..???

    ————————————
    ariksasmita.wordpress.com

  9. binekas said

    makasih atas kunjungannya. Salam kenal juga. Kalo boleh tau cara buat emosi yang gerak-gerak itu giaman??😀😀.

  10. flowxkill said

    Emang kenyataan dari bumi ini gak bisa d hindari, terlalu banyak misteri yang harus terpecahkan sampai2x yang laen keteter……

  11. Tri Yugo W. said

    Tanda-tanda akhir dunia udah dekat.
    Pertebal iman Anda.

    Ok, sukses Untuk Anda.

  12. wahyu am said

    waduh, bisa bisa nanti😦

    g bisa bayangin dehh

  13. tapi kok sekarang malah terasa cepet ya? baru makan, ehh ntar udah makan lagi… masih kenyang pula. hmm…

    thanks udah maen ke blog gw. maen lagi juga boleh😀
    salam ganteng dari diazhandsome

  14. Denir said

    hoho, fakta yang gue baru tau nih😀

  15. Michelle said

    smua itu trgantung dri allah…
    kita ykin ajah klau allah itu akan brikan yg terbaik untuk kita smua krna allah itu maha penyayang…

  16. semoga yang terbaik yang akan terjadi….

    -amien-

  17. jerzz said

    visit my blog
    http://jerzz.wordpress.com/

  18. Saka : New Varian said

    saya serahkan sama yg DIATAS sajah😆
    Lanjutken

  19. AeArc said

    wewww.. lama2 satu hari bisa sampe 30 jam ya! hehe.. :))

  20. WANDI thok said

    Itu hanya perkiraan manusia mas, yang tidak pernah pasti. Lanjutken

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: