yang aneh-aneh

cari ilmu tanpa batas……!!!!!!!

Rahasia Dibalik SMS Jaelangkung

Posted by Orang Aneh pada 30 Juni 2009


[SMS] “Jaelangkung jaelanset …123 mati hapemu” hape lgsng matot
Pp170

Pesan singkat (SMS) misterius kembali menggemparkan Kediri. Setelah sebelumnya seorang pelajar SMK asal Desa Klampitan, Purwoasri, Kabupaten Kediri, Nurhuda, bunuh diri seusai menerima SMS misterius dari sang pacar, kini giliran sejumlah mahasiswa di Kediri mendapat SMS misterius, SMS jelangkung.

Meski tidak sampai menelan korban, SMS jelangkung ini membuat gempar para mahasiswa. SMS berisi bacaan mantra singkat jelangkung itu diterima sejumlah mahasiswa Universitas Terbuka di Kediri, Sabtu (27/6).
Sejumlah mahasiswa mengaku merasakan nuansa mistis setelah menerima pesan singkat melalui ponsel tersebut. Sebagian mahasiswa bahkan mengatakan gagal membaca utuh SMS tersebut karena ponsel tiba-tiba mati begitu penerima membuka SMS-nya.

Isi SMS itu terdiri atas beberapa kalimat. Namun, yang terbaca hanya dua kalimat, “Jaelangkung jaelanset …123 mati hapemu…” Namun, saat bacaan SMS diarahkan ke bawah, isi SMS berubah menjadi gambar kotak-kotak kecil hingga memenuhi kapasitas karakter huruf dalam setiap ponsel.

“Saya penasaran begitu mendapat SMS berisi mantra jelangkung. Namun, setelah membaca … ‘123 mati hapemu’, saat itu juga HP saya mati. Tidak tahu pengirimnya siapa karena sebelum membaca utuh, HP sudah mati,” ujar Mashuri, mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Olahraga.
Mahasiswa asal Mojo ini mendapat SMS saat dia tiba di kampusnya di Jalan Pamenang. Karena penasaran, Mashuri lantas memberitahukan SMS itu kepada rekan sekampusnya. Ternyata tidak hanya dirinya yang mendapat SMS itu. Isi SMS yang sama juga diterima mahasiswa lainnya. Namun, saat hendak dibuka, ponsel keburu mati. Atau kalau tidak, saat hendak dibaca utuh, tiba-tiba ponsel me-restart sendiri.

Anehnya, SMS tersebut tidak bisa dihapus. Hal ini membuat peristiwa tersebut makin mengherankan.
“Saya sempat takut saat membaca di koran Surya, sebelum ini, ada pelajar bunuh diri setelah menerima SMS misterius. Begitu ada SMS jelangkung masuk ke HP saya, HP saya mati. Mau saya hapus, tapi tidak bisa,” kata Puji Lestari, mahasiswi Jurusan Bahasa Indonesia di kampus yang sama.

Para mahasiswa yang terdiri atas para guru GTT dan guru PNS ini rata-rata menerima SMS saat kuliah. Kebetulan saat itu, mereka sedang mengerjakan ujian akhir semester genap tahun ini. Berkali-kali ada nada SMS masuk, tapi karena ujian, dibiarkan tidak dibuka.
Begitu istirahat, mereka membuka SMS. Ternyata berisi SMS jelangkung. Namun, begitu dibuka, ponsel langsung mati. “Kalau membaca tampilan di layar, belum mati, tapi saat didetailkan ke bawah, HP mati,” tutur Hendro, mahasiswa asal Pare.

Para mahasiswa ini penasaran dan mengirim ulang kepada teman-temannya. Namun, kasusnya sama. Begitu isi SMS dibuka, ponsel mati. Harapan bisa mengetahui isi SMS jelangkung lebih detail sebenarnya bisa dilakukan oleh pemilik ponsel tipe tertentu yang lebih canggih. Namun, mereka kembali penasaran karena setiap membuka detail SMS itu yang muncul simbol berupa kotak-kotak kecil.

Flash SMS
Akim, alumnus teknik informatika di Malang, mengatakan, SMS itu merupakan ulah tangan jahil. Hanya yang aneh, SMS ini menyerang hingga membuat ponsel mati pada ponsel yang tak ada fasilitas GPRS-nya. “Boleh dikata, SMS jelangkung itu semacam virus. Si pengirim melengkapi kode-kode tertentu sehingga bisa membuat HP mati pada tipe-tipe HP tertentu,” kata Akim.

Sebagian mahasiswa bahkan mengatakan gagal membaca utuh SMS tersebut karena ponsel tiba-tiba mati begitu penerima membuka SMS-nya.

Isi SMS itu terdiri atas beberapa kalimat. Namun, yang terbaca hanya dua kalimat, “Jaelangkung jaelanset …123 mati hapemu…” Namun, saat bacaan SMS diarahkan ke bawah, isi SMS berubah menjadi gambar kotak-kotak kecil hingga memenuhi kapasitas karakter huruf dalam setiap ponsel.


Hp low-end (Nokia tipe 1600, 1650, 2310, dkk..) ketika membuka sms tersebut akan mati/hang karena jumlah karakter sms yg dikirim melebihi beban hp tersebut apalagi ditambah script khusus kayak kotak2 (unicode) yg tidak bisa diproses & akhirnya membuat tambah eror hp low-end, bukan karena misteriusnya sms tersebut

Bisa dibuktikan, pada 99,99% hape mid-end & high-end, sms misterius tsb tidak mampan

Soal SMS tsb, tanpa no.hp..karena sms tsb dikirim melalui layanan Gateway di internet (Global SMS/BULK SMS)

SMS ini bukanlah virus ataupun berbahya, cuma kerjaan orang iseng2 doank..

DON’T WORRY

leave comment

14 Tanggapan to “Rahasia Dibalik SMS Jaelangkung”

  1. Hai ! Saya berani bersumpah aku sudah pernah ke situs webb ini sebelum tapi setelah
    browsing melalui banyak artikel saya menyadari itu baru bagi saya.
    Meskipun demikian , aku pasti senang saya menemukan dan saya akan bookmark dan memeriksa
    kembali sering !

  2. andilo said

    bri tahu dong cara nay pasti seru itu buat ank” yg jail malah di balas untuk jail?

  3. ARBA said

    EMANG ITU ULAH TANGAN YNG NIATNYA CUMA JAILIN ATAU ISENG. gw jg tau kode2 yng dgunakan , dan berfungsi buat hp jadul atau hp yng gak ad GPRS nya.

  4. Wawwa jie said

    Ah… sms yg kyk gitu dah lama ada kok… cuma kata2nya aja yg dirubah biar lebih menakutkan…

  5. putraikbes said

    Karakter unicode y?
    Gmn buat karakterny?
    Psti seru tu, bsa jailin temen!
    Kasih tau caranya dong!

  6. mmasngudi said

    ok aja lah

  7. zaxshack said

    tukeran link donk ?
    ni link gWe Zaxshack.wordpress.com , taroh di blogroll lo ya .
    makasih .

  8. nurdiyon said

    weleh2… hari gini masih ada ja tangan-tangan jahil ya! Makin banyak orang pinter tapi keblinger, pinter tapi tahil. Jahil itu klo dalam bahasa Arab artinya bodoh. Berarti klo orang pinter yang jahil=orang pinter yang bodoh … walah, ndak karuan …
    yo wis, nice artikel . LANJUTKAN!

    http://www.naunganislami.wordpress.com

  9. hhmmm mau saya kirim donk

  10. KangBoed said

    Waaaaaah.. sampeyan yaaaa.. yang kemaren kirim SMS padaku.. kabuuuuurrrrrrrrr
    Salam Sayang

  11. wahyu am said

    hehehe, kalo mid end g ngaruh yak? hmm jadi pengen liat smsnya

    hebohh-blog-penghinaan-terhadap-sby-dan-capres-lainnya

    • tforce2009 said

      @wahyu am: aku punya software nya sich, tapi gak berani aku tampilkan. (^_^)v harap maklum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: