yang aneh-aneh

cari ilmu tanpa batas……!!!!!!!

Jembatan Suramadu kini telah tuntas 100% dan akan diresmikan bsk 10 juni 2009!!

Posted by Orang Aneh pada 9 Juni 2009


Surabaya: Jembatan Suramadu kini telah tuntas seratus persen. Rambu-rambu, marka jalan, dan pembangunan loket tiket Tol Suramadu telah siap dilewati. Rencananya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (10/6), akan meresmikan secara langsung penggunaan jembatan Suramadu. Acara dipusatkan di Kabupaten Bangkalan, Madura. Kedatangan Presiden dan sejumlah tamu undangan nantinya akan disambut iring-iringan lagu mars Suramadu dan kolaborasi seni tari Madura dan Surabaya.

Pascaperesmian, operator tol diserahkan pengelolaannya kepada Jasa Marga selama 18 bulan. Kemungkinan tarif tol dikenakan sebesar Rp 2.500 untuk motor dan Rp 35 ribu untuk mobil. Namun keputusan resminya baru akan diumumkan Menteri Pekerjaan Umum sebelum peresmian. Jembatan Suramadu diperkirakan akan menambah pertumbuhan ekonomi Madura hingga 4,48 persen. Terkait dengan itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menambahkan berbagai fasilitas penunjang.

Awal Pengoperasian, Suramadu Gratis Gan…

Spoiler for Berita:
Peresmian Jembatan Nasional Suramadu yang direncanakan dilakukan pada 10 Juni mendatang, sehari berikutnya akan ditindaklanjuti dengan uji coba pengoperasian jembatan. Dalam uji coba tersebut, masyarakat yang melintasi jembatan tidak dikenakan tarif masuk atau gratis.

Hal ini disampaikan Dirjen Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak dalam kunjungannya ke lokasi proyek Jembatan Nasional Suramadu, Jumat (15/5).

Tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam uji coba tersebut, hingga saat ini belum ditetapkan. Uji coba tersebut adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat pengguna jembatan. Biasanya, jika melihat pengalaman uji coba pada jalan-jalan tol sebelumnya. ”Kemungkinan uji coba tersebut dilakukan selama dua minggu,” katanya.

Hermanto menambahkan, sehari setelah diresmikan Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono, ia memastikan jembatan tersebut langsung terbuka untuk masyarakat umum.

Dalam uji coba tersebut, masyarakat yang melintasi jembatan juga tetap diberikan karcis masuk. Ini dimasudkan untuk menjaga ketertiban lalulintas pengguna jembatan. Meskipun masa uji coba digratiskan, buka berarti mereka dengan leluasa bisa masuk jembatan tanpa menjaga ketertiban. Kendaraan yang diperbolehkan melintasi jembatan, juga berdasarkan kualifikasi yang telah ditetapkan termasuk jenis dan bobot kendaraan.

Dikatakannya, setelah uji coba tersebut dilakukan, akan dilakukan evaluasi tentang pengaturan lalulintas kendaraan selama melintasi jembatan. Uji coba itu juga merupakan kajian sebelum nantinya jembatan ditolkan dan dikenakan tarif masuk.

Hingga saat ini, kegiatan proyek di jembatan terpanjang pertama di Indonesia tersebut, kini tengah melakukan pengaspalan di Approach Bridge sisi Madura. Sedangkan di Approach Bridge sisi Surabaya kegiatan pengecoran dan penyambungan terakhir terus berlangsung. Untuk mengejar target selesai pada 10 Juni mendatang, sistem kerja 24 jam terus dilakukan oleh pekerja dari kontraktor Indonesia.

Pada jalan akses di sisi Surabaya dan Madura, kegiatan proyek yang kini tengah dilakukan yakni pembangunan pintu tol. Pembangunan pintu tol tersebut merupakan bagian dari persiapan pengoperasionalan jembatan sebagai jalan tol. Rencananya, pembangunan pintu tol tersebut akan selesai dikerjakan sebelum pelaksanaan peresmian oleh presiden. Pada gerbang tol tersebut terdapat disetiap sisi terdapat tiga pintu masuk untuk kendaraan roda empat.

Dari total panjang jalan akses dan jembatan 20,9 km, segmen yang memenuhi persyaratan dan spesifikasi teknis jalan tol sepanjang 5,925 km, yaitu jalan akses di sisi Surabaya 0,3 km (Km 0+000 s/d Km 0+300), Jembatan Suramadu 5,4 km dan jalan akses di sisi Madura 0,225 km (Km 0+000 s/d 0+225). (Tim Suramadu)

Galery Jembatan Suramadu:

Spoiler for Gambar:
Spoiler for 1:
Spoiler for 2:
Spoiler for 3:
Spoiler for 4:
Spoiler for 5:

Akhirnya Selesai:

Spoiler for Gambar:

Klo mau nonton Videonya disini gan:
Video

Sumber:
Liputan6.com

5 Tanggapan to “Jembatan Suramadu kini telah tuntas 100% dan akan diresmikan bsk 10 juni 2009!!”

  1. Herie said

    Salam kenal..
    Konon jembatan ini yang terpanjang di asia, indonesia hebat…
    Itu pancang masuk ke dasar laut ato gimana ya..adakah situs saat pengerjaanya?
    http://www.herieplace.wordpress.com

  2. yustha tt said

    tadi diresmikan….
    wah…jadi pengen ke sana nyobain…..
    btw thanks 4 visitting my blog…salam kenal ya…🙂

  3. ariesre said

    nice inpo,,yg penting motor boleh lewat

    btw PERTAMAX ya gw😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: