yang aneh-aneh

cari ilmu tanpa batas……!!!!!!!

Diduga Situs Pemukiman Zaman Kerajaan Majapahit Ditemukan

Posted by Orang Aneh pada 8 Juni 2009


Warga Desa Klinter Rejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, menemukan tumpukan bata merah di dalam tanah, Selasa (20/1/2009). Tumpukan bata merah itu, mirip sebuah pondasi bangunan permukiman di masa Kerajaan Majapahit.

Tumpukan bata merah itu, berjarak sekitar 20 meter dari sumur, yang diyakini warga sekitar merupakan sumur di masa Kerajaan Majapahit. Penemuan ini sudah dilaporkan warga ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) di Trowulan, Mojokerto.

Setelah diukur secara manual, bata merah itu memiliki panjang 31,5 centimeter, dengan lebar 20 centimeter dan tebal 5 centimeter. “Bata merah ukuran ini, kira-kira dibuat masa Majapahit,” kata Sekdes Klinter Rejo, Zainal Abidin (39) kepada detiksurabaya.com di lokasi.

Di kawasan ini, juga terdapat 9 batu besar, yang diyakini sebagai umpak atau batu penyangga tiang bangunan di masa lalu. Tumpukan bata merah di dalam tanah itu, juga berjarak sekitar 200 meter dari Situs Kahuripan.

Beberapa warga yang berupaya mengeduk tumpukan bata merah, mendapati struktur bangunan yang memanjang. Saat ini sudah terbuka sekitar 6 meter dan diperkirakan lebih panjang jika diekskavasi secara arkeologis.

Menurut Zainal Abidin, warga di kawasan ini banyak yang menemukan benda-benda purbakala, seperti tembikar maupun keramik. Namun karena tidak paham, banyak yang dijual seharga Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu ke makelar benda antik.

Berjarak sekitar 50 meter dari penemuan tumpukan bata merah, terdapat sebuah gundukan tanah. Dari sela-sela gundukan itu, diketahui terdapat tumpukan bata merah dengan ukuran yang sama. Diduga bangunan ini bekas tempat pemujaan pemeluk Hindu di masa itu.

3 Tanggapan to “Diduga Situs Pemukiman Zaman Kerajaan Majapahit Ditemukan”

  1. giehstein said

    bingung!!!hahhaa

  2. menurutku kehidupan majapahit hanay intepretasi manusia…hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: