yang aneh-aneh

cari ilmu tanpa batas……!!!!!!!

DENJAKA (Detasemen Jala Mengkara) Salah Satu Pasukan Elit Indonesia

Posted by Orang Aneh pada 5 Juni 2009


Spoiler for Training to attack using ropes on high walls:
denjaka_stairs
denjakawalltrain1
Spoiler for Rescue Training:
denjakarescuetrain2
Spoiler for Denjaka troops in their assault vehicle:

denjaka_arrival

Spoiler for Denjaka in hostage rescue operation training:

denjaka_stabo

Spoiler for Denjaka personnel in an exercise:

denjaka-training1jpgw300h215

denjaka-yellsjpgw300h400

denjaka_weapon2

Spoiler for Denjaka sniper:

denjaka-sniper1jpgw300h204 alt=”” />

Menelusuri sejarah Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), bermula pada 4
Nopember 1982, ketika KSAL membentuk organisasi tugas dengan nama
Pasukan Khusus AL (Pasusla). Keberadaan Pasusla didesak oleh kebutuhan
akan adanya pasukan khusus TNI AL guna menanggulangi segala bentuk
ancaman aspek laut. Seperti terorisme, sabotase, dan ancaman lainnya.

Pada tahap pertama, direkrut 70 personel dari Intai Amfibi (Taifib) dan
Pasukan Katak (Paska). Komando dan pengendalian pembinaan di bawah
Panglima Armada Barat dengan asistensi Komandan Korps Marinir. KSAL
bertindak selaku pengendali operasional. Markas ditetapkan di Mako
Armabar.

Melihat perkembangan dan kebutuhan satuan khusus ini, KSAL menyurati
Panglima TNI yang isinya berkisar keinginan membentuk Detasemen Jala
Mangkara. Panglima ABRI menyetujui dan sejak itu (13-11-1984), Denjaka
menjadi satuan Antiteror Aspek Laut. Merunut keputusan KSAL, Denjaka
adalah komando pelaksana Kormar yang mempunyai tugas pokok melaksanakan
pembinaan kemampuan dan kekuatan dalam rangka melaksanakan operasi
antiteror, antisabotase, dan klandesten aspek laut atas perintah
Panglima TNI.

Pola rekrutmen Denjaka dimulai sejak pendidikan para dan komando.
Selangkah sebelum masuk ke Denjaka, prajurit terpilih mesti sudah
berkualifikasi Intai Amfibi. Dalam menjalankan aksinya, satuan khusus
ini dapat digerakkan menuju sasaran baik lewat permukaan/bawah laut
maupun lewat udara. TNI AL masih memiliki satu pasukan khusus lagi,
yaitu Komando Pasukan Katak (Kopaska). Kedua satuan pernah beberapa
kali melakukan latihan gabungan dengan US Navy SEAL.

Spoiler for tambahan info:

Markas Mako Korps Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan

Kekuatan 200-an orang

Persenjataan Minimi 5,56 mm, g36, HK416, SS-1, CZ-58, Styer AUG, SS-2, HK 53, UZI, SPR-1 MP5, Beretta 9 mm, SIG-Sauer 9 mm

Spesialis Antibajak kapal laut, segala bentuk teror aspek laut, sabotase, intelijen & kontra-intelijen

Dibentuk 13 November 1984

Detasemen Jala Mangkara (disingkat Denjaka) adalah sebuah detasemen
pasukan khusus TNI Angkatan Laut. Denjaka adalah satuan gabungan antara
personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI-AL. Anggota Denjaka
dididik di Bumi Marinir Cilandak dan harus menyelesaikan suatu
pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Lama
pendidikan ini adalah 6 bulan. Intinya Denjaka memang dikhususkan untuk
satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan di mana saja
terutama anti teror aspek laut. Denjaka dibentuk berdasarkan instruksi
Panglima TNI kepada Komandan Korps Marinir No Isn.01/P/IV/1984 tanggal
13 November 1984. Denjaka memiliki tugas pokok membina kemampuan
antiteror dan antisabotase di laut dan di daerah pantai serta kemampuan
klandestin aspek laut.

Sejarah Pasukan Khusus AL

Pada tanggal 4 November 1982, KSAL membentuk organisasi tugas dengan
nama Pasukan Khusus AL (Pasusla). Keberadaan Pasusla didesak oleh
kebutuhan akan adanya pasukan khusus TNI AL guna menanggulangi segala
bentuk ancaman aspek laut. Seperti terorisme, sabotase, dan ancaman
lainnya.

Pada tahap pertama, direkrut 70 personel dari Batalyon Intai Amfibi
(Taifib) dan Korps Pasukan Katak (Kopaska). Komando dan pengendalian
pembinaan di bawah Panglima Armada Barat dengan asistensi Komandan
Korps Marinir. KSAL bertindak selaku pengendali operasional. Markas
ditetapkan di Mako Armabar.

Detasemen Jala Mengkara

Melihat perkembangan dan kebutuhan satuan khusus ini, KSAL menyurati
Panglima TNI yang isinya berkisar keinginan membentuk Detasemen Jala
Mangkara. Panglima ABRI menyetujui dan sejak itu (13 November 1984),
Denjaka menjadi satuan Antiteror Aspek Laut. Merunut keputusan KSAL,
Denjaka adalah komando pelaksana Korps Marinir yang mempunyai tugas
pokok melaksanakan pembinaan kemampuan dan kekuatan dalam rangka
melaksanakan operasi antiteror, antisabotase, dan klandesten aspek laut
atas perintah Panglima TNI.[1]

Pola rekrutmen Denjaka dimulai sejak pendidikan para dan komando.
Selangkah sebelum masuk ke Denjaka, prajurit terpilih mesti sudah
berkualifikasi Intai Amfibi. Dalam menjalankan aksinya, satuan khusus
ini dapat digerakkan menuju sasaran baik lewat permukaan/bawah laut
maupun lewat udara. TNI AL masih memiliki satu pasukan khusus lagi,
yaitu Komando Pasukan Katak (Kopaska). Kedua satuan pernah beberapa
kali melakukan latihan gabungan dengan US Navy SEAL.[1]

Organisasi satuan

Denjaka terdiri dari satu markas detasemen, satu tim markas, satu tim
teknik dan tiga tim tempur. Sebagai unsur pelaksana, prajurit Denjaka
ditutut memiliki kesiapan operasional mobilitas kecepatan, kerahasiaan
dan pendadakan yang tertinggi serta medan operasi yang berupa
kapal-kapal, instalasi lepas pantai dan daerah pantai. Disamping itu
juga memiliki keterampilan mendekati sasaran melalui laut, bawah laut
dan vertikal dari udara.

Pendidikan yang dilakukan

Kursus awal

Setiap prajurit Denjaka dibekali kursus penanggulangan antiteror aspek laut yang bermaterikan:

• Intelijen,

• Taktik dan teknik anti-teror, dan anti-sabotase,

• Dasar-dasar spesialisasi,

• Komando kelautan dan keparaan lanjutan

Kursus ini dilaksanakan setiap kurang lebih 5,5 bulan bertempat di Jakarta dan sekitarnya.

Kursus lanjutan

Dilanjutkan dengan materi pemeliharaan kecakapan dan peningkatan
kemampuan kemahiran kualifikasi Taifib dan Paska, pemeliharaan dan
peningkatan kemampuan menembak, lari dan berenang, peningkatan
kemampuan bela diri, penguasaan taktis dan teknik penetrasi rahasia,
darat, laut dan udara, penguasaan taktik dan teknik untuk merebut dan
menguasai instalasi di laut, kapal, pelabuhan/pangkalan dan personel
yang disandera di objek vital di laut, penguasaan taktik dan teknik
operasi klandestin aspek laut, pengetahuan tentang terorisme dan
sabotase, penjinakan bahan peledak, dan peningkatan kemampuan survival,
pelolosan diri, pengendapan, dan ketahanan interogasi.

Persenjataan

Untuk mendukung operasi personel Denjaka dibekali antara lain
submachine gun MP5, senapan mesin ringan Minimi 5.56 mm, serta pistol
Beretta dan SIG Sauer 9 mm.

KAMI BUKAN HEBAT, TETAPI KAMI PRAJURIT YANG TERLATIH

Spoiler for new weapon Denjaka:

INDONESIA CLIMATE CONFERENCE SECURITY

INDONESIA CLIMATE CONFERENCE SECURITY

senjata G36 dan HK-416 menjadi senjata baru standard Pasukan elite tsb..

150 Tanggapan to “DENJAKA (Detasemen Jala Mengkara) Salah Satu Pasukan Elit Indonesia”

  1. love peace said

    @rate x_bung anda boleh tidak senang dengan perkataan seseorang,tapi anda juga harus mempertimbangkan perkataan anda di forum seperti ini.misal anda skrg adalah anggota sebuah pasukan di NKRI,anda awalnya seorang sipil dan akan kembali ke sipil setelah lepas seragam.saran saya,lebih baik diam drpd adu argumen untuk tujuan yg belum pasti.jadi sy harap kita sama” menjaga wibawa kita di depan masyarakat,agar kita selalu berwibawa.

  2. […] DENJAKA (Detasemen Jala Mengkara) Salah Satu Pasukan … – Spoiler for Training to attack using ropes on high walls: Spoiler for Rescue Training: Spoiler for Denjaka troops in their assault vehicle: Spoiler for Denjaka in hostage …… […]

  3. nga kalah keren kok sama CIA & fbi.

  4. pro rakyat tni said

    sudahlah tidak usah meremehkan para tni apalagi pasukan elitnya tni itu melindungi kalian dngan hati menumpas penyakit dan sampah negara ini

  5. TUKANG TILANG said

    lihat bapak bapak kita dijalanan cari uang tilang untuk tambahan, kok tega minta minta uang sama rakyat yang bayar pajak untuk gaji dia,

  6. mantep ye, kalo di pilem-pilem nih

  7. AFTA said

    JAYA TERUS POLRI…..BRAVO DENSUS 88 KAMI BANGGA DENGAN DENSUS 88 RAKYAT MENCINTAI MU….

  8. Solomon said

    Hello great blog! Does running a blog such as this require a great deal of work?

    I’ve no expertise in computer programming but I was hoping to start my own blog soon. Anyhow, should you have any recommendations or techniques for new blog owners please share. I know this is off subject but I simply had to ask. Many thanks!

  9. penyimak said

    tni gak mau dihina,tapi sy banyak mondar mandir baca sana baca sini,ksimpulan yg sy dapat tni slalu jelekkan polisi,tni risih dgn polisi apalg den 88..ada apa tentaraku..??apakah km lupa dgn fungsimu,,kok membandingkan dgn polri..memang polri lebih bnyak tampil jadi mental mungkin udah teruji..sy bangga dengan smua pasukan indonesia..makin iri dgn polri makin kliatan gak terlatih n gak profenional…bkan cerita ttg pelatihan yg ingin di dengar tapi sikap yg terdidik dan profesionalisme,pol pp sama securiti aja sering menang lawan tni kalo 1 vs 1..trus hebatnya di mana..? moga bukan dari crita pelatihan aja yg membuat hebat ya..bravo tni polri

    • aji said

      Tni musuh ny bukan rakyat bro… Makanya klo lawan satpam selalu kalah krn mengalah, klo menang ntar d bilang arogan lah melanggar HAM lah, mereka tni lbh bail kalah dr rakyat tp menang lawan musuh negara, org yg berilmu tinggi dan bijak akan menganut sistem pepatah sprt padi, makin berisi makin menunduk… Tdk sprt ente bro, bisa ny menilai dr satu sisi aj, TONG KOSONG NYARING BUNYINYA, pepatah itu pantas tuk ente bro

  10. Right on. I learn a little something completely new and challenging on pages I find on http://tforce2009.
    wordpress.com/2009/06/05/denjaka-detasemen-jala-mengkara-salah-satu-pasukan-elit-indonesia/ every day.
    It’s definitely helpful to examine posts from fellow authors and implement certain things from other websites.

  11. I personally was exploring for suggestions for my very own weblog
    and located your own blog, “DENJAKA (Detasemen Jala Mengkara) Salah Satu Pasukan Elit Indonesia yang aneh-aneh”,
    do you mind in case I actually use a handful of of your own
    points? I am grateful ,Wilhemina

  12. anto said

    polisi taek….

    • wong jowo said

      Anto@SYUKUR ADA UPAYA PEMERINTAH MEMBENTUK PASUKAN UNTUK MELINDUNGI NEGERI, MINIMAL MASIH BISA MELINDUNGI negara ini kalau tak kau pun tak akan bisa melindungi negara kau,keluarga kau pun tak bisa kau lindungi,aku tau tipe manusia,makanpun akan susah,jangan kau maki korpnya,kalau kau sakit hati pada personnya,sempat penjajahan berulang karena kelemahan angkatan bersenjata ,saya yakin nenk kau,mamak kau ama saudara perempuan kau di perkosa di depan mata kau,kaupun tak akan punya keberanian,karena dari mulut kau ,kau seorang rembong.

  13. korps baret merah said

    PRIA KOMANDO……
    berjuanglah terus kawan,kami slalu di sampingmu…..
    KOMANDO…………!!!!

  14. gedhankgodhoq said

    Aparat kita itu HEBAT….. tanpa terkecuali…. apalagi prajurit pangkat sersan kebawah… itu yang paling hebat berani mati… Karena mau KORUPSI ga bisa… HAA… HAAA… HAAA…

  15. dewi soebadra said

    Aq bangga dgn TNI n POLRI…..

    • dewi soebadra said

      Semua personil TNI / POLRI pasti menempati posisi sesuai dgn qualifikasix masing2 stlh melalui proses seleksi.
      Artix semua anggota pasti mempunyai spesifikasi keahlian masing2 yg blm tentu dimiliki yg lain. Lihatlah para dokter !! Ada dokter jantung,paru,bedah,dsb……mereka semua sgt solid n bs saling menghargai krn mereka memang pux specifikasi keahlian masing2.
      Bravo TNI / POLRI…..

  16. dewi soebadra said

    TNI 3 MATRA n POLRI semuax HEBAT
    Yg tdk hebat tuh pihak2 yg byk bacot n berusaha mengadu domba antar ke 3 matra n polri

  17. dewi soebadra said

    TNI 3 MATRA n POLRI semuax hebat………
    Yg tdk hebat hanya mereka yg cuma bs mencaci

  18. ipam said

    ayo donk jangan terpecah belah,,,,,,,,
    kalian ini anggota semua yach ko bisa saling mengenal dan saling menjelekkan???
    mana negeri yang memiliki semboyan “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”…….
    siapapun kalian:
    jika kalian sipil jangan asal komen yach, saya juga warga sipil, orang biasa, dan nnga punya kemampuan apa soal detasemen… saya hanya seseorang yang selalu mengajarkan anak-anak saya saya untuk selalu bangga kepada bangsa ini, bangsa Indonesia tentng bagaimanapun perwujudannya… yang saya tahu prajurit hanya mematuhin perintah, itu saja….. so buat kalian yang sipil, AYOOO BANGGAKAN IBU PERTIWI…….
    dan jika kalian anggota. tolong jangan saling menjatuhkan…. kalian adalah orang-orang terpilih, banyak orang yang ingin menjadi seperti kalian!!!!!!!!!!! apapun tugas kalian ingatlah, kami menaruh harapan kepada kalian dan jangan sia-siakan pajak yang kami bayar untuk kalian!!!!!!!!!!!🙂

    DAMAI INDONESIA ku……………..

  19. tri leo bakri said

    aku salut dan bangga pada kalian, sang pembela negara. tanpa kalian tak tau jadi apa negara ini. kalian rela menyerahkan seluruh jiwa dan raga demi membela negara. semoga sang ibu pertiwi dapat tersenyum. .

  20. DenJaka said

    Salam DenJaka,.. Hikz

  21. anak bangsa yang mencintai negeri ini dengan sikap positif said

    Bangga jadinya seandainya kehebatan para pagar bangsa kita diperintahkan mengimplementasikan kemampuan mereka guna membebaskan kapal kita yang disandera lalu, dan menghalau “hewan-hewan” liar pelanggar batas negeri kita. Semoga….

  22. haris f said

    Bravo Denjaka. Kemampuan individu ok. The best. Cuma harus didukung alutsista yg juga ok. Minimal spt Malaysia. Barulah akan menjadi pasukan yg berwibawa dan kuat. Baravo Marinir. B. Ravo NKRI

  23. ardiansyah said

    air adalah kehidupan karena ” huallahu ladzi arsalarriyaaha fatusyiru sahaaban fasuknaahu ila baladin mayyitin fa ahyaina bihil ardha ba’da mautiha kadzalika nnusuur,..Dia (Allah) sepertihalnya meniupkan angin berubah menjadi mendung, menurun kan air hujan,menghidupkan bumi yng tadinya mati,..maka begitu dengan fenomena alam, maka pun begitu dengan kebudayaa..Dia(Allah SWT) menurunkan ILMU-NYA yakni al-qur’an menurut sunnah rasul muhammad Saw.untuk menghidupkan kebudayaan yang telah mati dari kebiadaban menjadi keberadaban dengan kesadaran hidup dengan al-qur’an,.menjadi buah bibir,.dan gerak yang khasyi’uun dalam shalat.menjadi cerminan khasiun dalam gerak hidup dan kehidupan harian
    yang berkesinambungan dalam kesadaran al-qur’an ,di abadikan di dalam shalat.untuk ,menjadi makhluk muta-akhir..dengan kesudahan,.”fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah, waqina adzaabannaar”.

  24. ardiansyah said

    jadikan denjaka menjadi robot al -quran,..darah yang berdesir dengan kesadaran al-qur’an.mata yang tajam dengan pandangan al-qur’an.telinga yang sensitif dengan desiran al-qur’an.hati yang menanggapi dengan radar al-qur’an.”wajilats quluubukum…bergetar hatinya dengan sinyalemen al-qur’an..”asyidda,u ‘alalkuffara ruhamaahu bainahum..bagi yang positif maka menghamburkan kasih sayang,.namun yang destruktif ,.adzab allah sangat pedih..karena itu bagaikan satu tubuh, di colek satu maka bangkit bulu perindu…”kedalam sayang keluar singa”

  25. ANEUK ACEH said

    Terus berbakti dan mengawal tiap jengkal ibu pertiwi.kami bangga dgn prajurit DENJAKA, serta prajurit TNI lainnya.utk pemerintah tolong anggaran Pertahanan ditambah.masih banyak alutsista yg sudah kadaluwarsa,tp mereka(TNI) tak pernah mengeluh dlm mengawal bansga.BRAVO DENJAKA.

  26. allie basyah said

    bravo Denjaka ,tetap semangat,,,,,bekali diri untuk tugas berikutnya….dan jaga kekompakan TNI-POLRI,yg komentar miring biasanya orngnya gak bisa apa apa ,jd bisa nya cuma nomong…..jaman sekarang mau terkenal mau nggak yg ptng persiapkan diri….,semua sdh ada tempatnya masing2…….okey????????

  27. Agoestyas Wiebowo said

    Pasukan elite Indoneia mandul, Ibu Pertiwi tidak senang melihat itu, buktikan kalo anda tidak mandul dengan menjaga keutuhan NKRI dari JAHILIAH MALAYSIA ……!!!

    • allie basyah said

      TNI bergerak atas perintah,gak ada yg di takuti bagi TNI,itu bedanya TNI dngn organisasi lain,siapapun yg di hadapi kalo itu sudah keputusan pemerintah pasti di laksanakan,,,,kalo gak tahu aturan tidak usah komentar….,yg bisa menggerakkan TNI harus adsa keputusan politik…..jd sampaikan hal ini pd pemerintah

  28. Agoestyas Wiebowo said

    Seluruh pasukan elite Indonesia mandul dan ingat Ibu Pertiwi tidak sudi melihatnya. Dan tolong jaga keutuhan NKRI dari jahiliah Malaysia ….!!! Buktikan kalo anda sebagai pasukan elite yang tidak mandul ……….

    • allie basyah said

      mas kalo komentar belajar dulu dong…..TNI bergerak atas perintah,gak bs bergerak sendiri2,,,Tapi Jangan ragu setiap saat TNI selalu mempersiapkan diri dan kapanpun siap.begitu broooooooo….

  29. astri clalu ikhlaz said

    ayow cmangatttt pejuang ku….
    jng pernah menyerah tuk menghadapi ujian/cobaan yg ada
    moga cita2 mu terwujud….
    ku dissini hanya isha berdo’a demi cita2+kebahagiaanmu…
    jadilah dirimu pejuang sejati yg siap membela tanah air
    jng pernah kau; hianati cita2+cinta sejatimu..

    JALASVEVA BUMI YAMCA JAYA MAHE

    DO’A+CINTA KU HANYA UNTUKMU….

  30. nm.tarigan said

    saya pernah mimpi jadi tni, tapi gagal karna mata saya ber,asalah. walaw pun saat nee sya masih lajang, tapi saya sudah memper siap kan modal buat keturunan saya agar bisa masuk tni. hidup tni

  31. Donny said

    Bravo Denjaka..saya cm ngimpi masuk TNI..saya ingin sekali menjadi Marinir namun mata saya minus..tp kl Indonesia suatu saat perang saya siap masuk wamil atau jd milisi sekalipun..darah TNI mengalir ditubuh saya..kelak saya punya anak, pasti akan saya serahkan untuk berbakti pada Nusa dan Bangsa dengan menjadi prajurit TNI meneruskan cita2 saya yg tidak tercapai..bravo TNI..Bravo Marinir + Denjaka..

  32. Glock Guns said

    Hebat sih hebat tapi sayang masih ada oknum TNI yg kurang bagus dengan menyakiti hati rakyat, ini yang mesti di tindak….??? apalagi MARINIR TNI-AL yang katanya disiplin tinggi tapi apa…???

  33. sepupu dandenjaka said

    Hidup TNI dan Polri..Hidup Special Forces.. Pesen ane cuma satu,sebagai tentara,jangan sampai kalian menyakiti rakyat..karena kalian adalah anak kandung rakyat..Hidup TENTARA..

  34. gho said

    Maju truz pasukan Denjaka,tetap tunjukkan kedaulatan NKRI…bravo

  35. yono said

    jaya bangsa n negaraku,NKRI harga mati,,,..para komando baik KOpassus,kopaska,kopaskhas,denjaka n tni umumnya beserta polri,jdilah prajurit yang ju2r n profesional,,,jaga keamanan,ketertiban dan kedaulatan NKRI tercinta,,,……,bravo TNI POLRI

  36. sang pengembara said

    tolong . . . untuk para pasukan denjaka,rangers,taifib,paska,pasus,paskhas dll tingkatkan profesionalitas dan dedikasi yg baik soalnya dari sabang sampe merauke kami sudah menyerahkan seluruh kedaulatan NKRI kepada kalian dan jgn pernah takut untuk melangkah/bersikap tegas kepada siapa saja yg mau mengusik negara kita karena do’a kami semua selalu menyertai kalian
    trima kasih

  37. prada AL said

    oooeeee semua yg tau’y pada nyela2 TNI,,khusus’y AL,,,law mau tau rasa’y kaya gmn slhkan az m’dftar,,,
    aku z dulu yg smentara pendidikan pengen’y kabur melulu saking berat’y,,,,loe dis2 cman bisa ngomong az,,,
    dasar ente2 smua emang rakyat yg tidak mau tau penderitaan kami,,,apa kalian tau,,,kami rela tinggalkan kluarga n kesenangan kami hanya untuk menjaga anda dari musuh2 diluar sana…
    apa kalian smua tau itu….! jadi kami harap,,,kalian smua hargailah kami…jgn bisanya cuman mencaci…!

    …..terima kasih……

    • sang pengembara said

      jgn menyela rakyat kayak gitu bro, kasih mereka pengertian supaya mereka tau dan mengerti akan kehidupan TNI
      dan jgn pake otot

  38. Yaslim said

    aku merindukan ingin seperti kalian, tapi sayang aku hanya punya pendidikan yang tidak tamat SMP, akibat kekurangan biaya. Tapi, aku akan mengabdi sama dengan dengan untuk negeri ini. walau tanpa pangkat atau latihan seperti kalian. Yakni melakukan pembinaan IT bagi mereka yang punya nasib sama dengan saya..

    Bravo DENJAKA, lindungi NKRI dari serangan musuh. baik dunia nyata kalau bisa di cyber.

  39. semangat….

    Baju Bali Murah

  40. Tyo said

    sbgai slah satu anggota taifib saya merasa bangga atas kmampuan anggota denjaka,,
    mreka punya kemampuan diatas rata2 pasukan2 biasa..
    bhkan smpai saat ini saya msh ingin brgabung dgn mreka,,tapi blm ada kesempatan..
    jaya trus denjaka…
    SATYA WIRA DHARMA

  41. dwee said

    entah mengapa, setiap aku membaca artikel ttg TNI (khususnya pasukan khusus), sering kali bulu kuduk ne merinding.. memang hebat kalian semua para anggota “paskus” tetap stay melindungi Indonesia ini ..
    buat lah bangga Indonesia ini ^^
    I love made , and this country😀

  42. Agus salim said

    TNI AD ,AL,AU DAN POLRI semua bagus …..Untuk pasukan elit kita saya sangat bangga ,,, semuanya baik dr denjaka,kopassus ,den 81 dan den 88 semua bagus … ga ada yang ga bagus ,, yang kurang bagus hanya komentar yang jelek aja … untuk TNI Kalian adalah pelindung bangsa , untuk polri kalian adalah pengayom masyarakat.saya akan menyanyikan sebuah lagu :
    MENANG DALAM PERANG TAK MASUK DALAM KORAN
    KALAH DALAH PERANG ISTRI DI AMBIL ORANG
    INFANTERI HANTU DARAT
    MARINIR HANTU LAUT
    KOPASSUS HANTU DI UDARA
    PAK POLISI HANTU DIJALANAN …

  43. luki said

    setahu saya 2 korvet tni AL dan sejumlah pasukan khusus anti teror matra laut udah otw ke somalia….sebagian udah stand bye di kenya tuh tunggu perintah Dan……

  44. luki said

    bravo tni khusus nya teman2 di special force (AD,AU,AL), saya pernah tinggal 18 th di papua dan banyak punya kawan tni, luar biasa mereka di hutan berbulan-bulan, banyak yg gugur krn malaria dan tress krn alam yg ganas, belum OPM nya,….tuh…yg banyak omong kasih parasut terjunin aja di hutan papua biar tahu rasa, ngga usah perang dulu…..bravo tni….

  45. Anis Yoyo said

    Dimohon untuk berangkat ke Somalia GAN, please

  46. I Love Islam said

    Sekarang Giliran Lo… DENJAKA TNI-AL, bebaskan tuh 20 ABK KM Sinar Kudus yang disandera di Somalia. Kopasus udah tunjukin Kemampuannya di Muangtai, Polri dengan DEN-88nya juga udah berhasil basmi tu teroris dalam Negara RI tercinta ini, jangan sampe didahului lagi sama satuan lain.

    • yudi said

      gak perlu pemberitahuan bro tuk berangkat, kacau urusan kalau pake iiklan denjaka mau berangkat … tul ndak ??? yakin saja sejelek2nya TNI pasti mikir kok … hidup TNI

  47. The EAGLE said

    Bagi saudara-saudaraku yg cuma bisa mencaci-maki saja, coba anda instropeksi, apa sih yg udah anda lakukan buat tanah air anda ??? Bagi saudara-saudaraku yg lain, jangan terpancing dengan segala macam caci-maki saudara-saudara kita yg mungkin kurang pengetahuan ini…………MAAFkan saja………..

    • wong jowo said

      The eagle@mereka yg suka mencaci tu rembong,dan marah ama aparat,karena waktu jualan malam pinggir jalan di kejar trantip,karena kalap semua aparag di samakan ,tapi mereka tak sadar kalau penjajah masuk lagi semua keluarga perempuan mereka di perkosa depan mata mereka paling mereka menjerit iiiiih jijayyyyy deh,,,,,,,!

  48. candra said

    woi yang komentnya ngehina,jangan pada bacot deh,kalo ntar perang juga mereka ntar yang nyelamatin kalian semua

    • allie basyah said

      biar saj mas TNI sdh biasa di hina tp setiap saat siap melindungi siapapun dlm kondisi apapun kalo negri ini membutuhkan…di somali jg begitu di dalam negri ribut,,,,,,TNI mn,,,,tp diam2 TNI sdh merapat di sekitar sinar kudus ……dan tinggal tunggu perintah,,,,,tp itu di lakukan TNI tanpa pamrih.

  49. baYu. said

    jaYa teRuS TNI,”ingiN rasa”yQ mnjadi+mMakai seraGaM K”baNgga”N TNI&mngaBdi’kaN diriQ ini kpd negaraQ Tercinta ini.tp Q anaK KuLi banGuNaN.buwaT maKaN aja susaH,pa bisa..tp doa”m kaN s”laLu M”nyertaIQ ibu/ayaH,,,,?????////pokok”y MerDeka,,TNI AL(DENjaKa).caaaaYYYYYyyyoooooo………..baNgsaMu baNgga puNya paSuka2 yg hebaT s”perti”m

  50. suar said

    Bagi yang suka berkomentar jelek sama tni lebih jangan hidup di indonesia. Kepada semua anggota TNI TETAP JAYA. SAYA SANGAT AMAT BANGGA SAMA KALIAN SEMUA.you’re the best in the world. BRAVO TNI.

    • sabhara said

      delta surveyllance
      BANYAK orang tak menyangka, Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri akan datang ke Dukuh Binangun, Kelurahan Wringinanom, Kecamatan Kertek, Wonosobo untuk menggerebek sarang teroris.

      Setelah drama penyerbuan itu berakhir, warga baru bisa menghubungkan beberapa peristiwa janggal yang terjadi selama hampir dua pekan menjelang penggerebekan.

      Entah benar entah tidak, namun kejanggalan-kejanggalan tersebut amat mungkin merupakan bagian dari skenario polisi untuk memuluskan operasi. Kejanggalan itu antara lain terlihat ketika ada orang yang tiba-tiba mengaku-ngaku sebagai bos DAMRI datang dan memberi perintah tak lazim kepada pegawai di pangkalan bus tersebut. Pangkalan itu terletak persis di sebelah timur rumah kontrakan yang dihuni anak buah Noordin M Top.

      Sugiyono, penjaga pangkalan itu mengisahkan, Jumat malam (28/4) ia didatangi empat pegawai DAMRI dari Jakarta yang tidak dikenalnya. Mereka memakai seragam DAMRI seperti yang dia kenakan.

      Tak satu pun menyebutkan nama. Salah seorang yang berbadan tegap mengaku sebagai atasannya. Sugiyono percaya karena gerak-gerik dan gaya bicara mereka amat meyakinkan.

      ”Pegawai DAMRI pusat itu mengaku bos saya dan akan menginap untuk mengecek administrasi dan kondisi armada,” tuturnya.

      Sugiyono mengaku sepanjang malam ngobrol dengan sang ”bos”. Dia tidak menaruh syak wasangka. Bahkan ketika lelaki itu bertanya apakah kenal penghuni rumah sebelah, Sugiyono masih belum curiga. Ia tak menduga bahwa pria tersebut adalah polisi yang menyamar.

      Barulah pada pagi harinya, sekitar pukul 04.30, Sugiyono mencium kejanggalan. Pasalnya, atasan dadakan itu menyuruh dia pergi tanpa alasan yang jelas. Meski demikian, Sugiyono tetap menuruti perintah itu.

      Sugiyono baru tahu ada penggerebekan saat kembali ke pangkalan bus sekitar pukul 10.00. Ia terkejut melihat sekeliling tempat kerjanya dipasangi garis polisi dan banyak petugas hilir mudik. Tak sedikit yang bersenjata lengkap.

      Setelah bertanya sana-sini dan merunutkan kejadian pada malam sebelumnya, ia pun mulai paham apa yang terjadi. Sugiyono menyimpulkan, sang bos adalah anggota Densus 88 yang sedang menyamar. Apalagi setelah penggerebekan itu usai, pria yang mengaku bos tersebut tak pernah lagi menampakkan batang hidungnya.

      Pemulung dan Pemancing

      Kejanggalan lain adalah munculnya sejumlah pemulung yang tiap hari mondar-mandir di jalan depan rumah kontrakan tersangka. Lalu, tampak pula beberapa pemancing yang mengail ikan di selokan seberang jalan.

      Padahal, selokan yang lebarnya tak sampai satu meter itu hanya dihuni ikan-ikan kecil yang tak lebih besar dari pensil.

      Supriyono, yang tinggal dan membuka warung makan di seberang rumah para teroris itu mengatakan kerap menemui wajah baru yang datang ke warungnya, sepekan sebelum penggerebekan.

      ”Saya juga sering melihat pemulung yang mondar-mandir di depan rumah itu. Padahal sebelumnya jarang sekali ada pemulung lewat,” tambahnya.

      Satu lagi keanehan yang kini baru disadari warga adalah soal lampu penerangan jalan yang padam. Janggal, karena lampu yang mati itu hanya lima titik di sepanjang jalan depan kontrakan para teroris.

      Sementara itu, lampu-lampu lainnya di sepanjang Jl Wonosobo-Kertek KM 4 itu menyala terang.

      Salah seorang warga, Budi Sumarno (40) menceritakan, lampu-lampu tersebut mati sepuluh hari sebelum penggerebekan.

      ”Semula saya anggap itu hanya kejadian biasa. Mungkin lampu padam karena rusak. Apalagi sehari sebelumnya ada petugas PLN yang membetulkan lampu-lampu,” ujar Budi yang rumahnya berjarak sekitar 20 meter arah barat tempat tinggal tersangka.

      Dia kini menduga-duga, pemadaman itu adalah bagian dari drama penggerebekan oleh polisi. Sebab, setelah penyerbuan, lampu kembali menyala pada malam harinya.

      Bapak dua anak tersebut menyatakan baru tahu di dekat rumahnya ada markas teroris, setelah beberapa polisi mendatangi rumahnya pada Sabtu (29/4) sekitar pukul 05.00.

      ”Saya terkejut karena tidak biasanya ada polisi datang. Mereka meminta keluarga saya diam dulu di rumah. Kalau keadaan sudah aman, barulah kami boleh keluar,” tuturnya.

      Dengan panik, dia bersama istri dan dua anaknya masuk kamar setelah mendengar suara tembakan dan ledakan bertubi-tubi. Saat itu dia hanya bisa berdoa semoga keluarganya selamat dan ledakan tidak sampai memorak-porandakan rumah mereka.

      ”Sampai sekarang saya masih trauma karena baru kali ini mendengar tembakan seperti ada perang di dekat rumah saya,” ujarnya. (P Heru Subono, Sholahuddin-41n)

  51. Pengen Masuk ABRI said

    Kapan ya saya bisa pakai doreng resmi dan nglempar granat? Aku ingin jadi Perwira,
    namun jangankan jadi Perwira, atau Bintara, atau Tamtama saja lah….,ha? lha wong mau makan aja sulit…!

    Salamku Sang Jelata…

    • Cahyo navy2006 said

      SAbar aj yg penting usaha dan Doa ya…allah swt maha mengetahui mana yg baik untuk hambanya…
      tinggal kita sendiri mau berusah ato tdk…jgn lupa d sertai dengan doa…
      JALSVEVA JAYAMAHE..

  52. soekarnoismLEFT said

    update : TNI AU mo buka lapak di biak gan… kandidat pesawat yang mo di taro : geser 10 unit HAWK 109/209 dari lanud supadio, skwadron komposit 10 F-16 A/B blok 15 OCU upgraded + 2 unit F-16 blok C/D blok 25/32 hibah atau 15 unit F-5E tiger (2012 mo diganti bertahap ama SU-35BM atau JAS-39 Grippen C/D/NG ?) …tapi ya itu pengadaanya ketengan lagi apa langsung grosiran harap-harap cemas :O😦

  53. chairul said

    maju terus tentara indonesia, jangan biarkan sejengkapun tanah pertiwi diambil dan dirampas oleh negara lain… tunjukan bhwa kita adalah negara yang berdaulat, negara kuat dengan tentara hebat yang tidak akan rela harga dirinya di injak-injak dan di lecehkan oleh negara lain… bila memang perang adalah suatu pilihan akhir, kami siap sebagai rakyat indonesia berjuang bersama sampai titik darah penghabisan mempertahankn indonesia…

  54. masdiant said

    hidup denjaka satya wira dharma,…who dare’s win

    • soekarnoismLEFT said

      tapi sedih gan😦 ngeliat alutsista TNI kita, kalo beli selalu KETENGAN molo alsaennye klasik DUIT ! omong kosong kalo negara ini kagak duit…tapi yaitu digarong ama tikus2x birokrat dari tingkat daerah maupun pusat (contoh kecil GAYUS,bakrie,nurdin khalid, nugraha besoes etc..) mangkenya ane sebel banget :-O masak kalah ama anak bau kencur kek myanmar yang bisa beli MIG-29 OVT 1 skwadron😛 atau thailand yang bisa beli JAS-39 grippen C/D :-[

  55. denjaka an den 81 itu d’ibarat rambonya Indo bro,beda sama pasukan kopasus an kopaska..den itu hanya regu kcil yg tpi isinya org2 pilihan dn trbaik dri pasukan2 khusus tsb..
    Kgiatan mrka sngatlah misterius d’ibaratkan kya2 ninja2 gtu dn ga mungkin k’ekspos..
    Tiada k’brhasilan TNI tanpa org2 ini,TNI bru siap2 prang mereka uda trjun dluan menyusup d’daerah lwan..
    Untuk kmampuan den2 ini ga prlu d’ragukan lg dah,,gemblengan luar dlm..ente coba byangin aja k’hebatan 1tntara kopasus yg bisa melihat d’tmpat gelap gulita tanpa alat infra mera blum ada apa2nya sma den2 ini..kata mereka itu mah bru dasar,krna dsarnya mereka ya dri itu..
    Jdi jgn remehkan mereka ato membandingkannya dng cara krja densus 88 yg trekspos,,krna densus 88 yg mlatih saja baru kopasus hehehe dn ga mau bagi hasil hehe

    • mungkir said

      gak terbalik,..kopasus berlatih IT nya ke Densus 88,..bro,.apa lagi denjaka,.belum berbuat tapi udah sepertinya paling jago he ehe he,..hidup Tni,.

    • john lenon said

      jangan senang dulu bro. keberhasilan terjadi tanpa di ekspos?? jadi g prlu ragu sama TNI jaya trus. gegana aja belajar sama TNI>>>> kacang lupa kulit

    • Cahyo navy2006 said

      klo berbuat baik itu g usah terlalu di expost, ato d siarkan, klo selalu di siarkan itu nama nya Riyak..ngerti g bossss
      TNI jaya Trus….I Love Indonesian Navy

  56. zeycn said

    bangga sama TNI..terutama denjaka. karna menurut sy mereka adalah pasukan2 mulia yang tidak mau mempublikasikan dan memamerkan misi dan kehebatan mereka….

    maju terus denjaka!!!

  57. soekarnoismLEFT said

    sekedar sumbang ide untuk penambahan dan modernisasi alutsista KKO/marinir :
    1.RANPUR lawas (active)
    dari wiki ane liat cukup banyak juga arsenal ranpurn lawasnya KKO/marinir : BTR-50PM (+/- 190 unit),PT-76 (+/-90 unit) dan AMX-10P marine/PAC90 (+/-100 an unit) tapi yaaa berhubung udah uzur perlu adanya upgrade gila2x an secara bertahap, dengan jumlah yang hampir 200 an lebih itu sangat sayang bila dipensiunkan semua oleh karena itu tolong dilanjutkan proses upgrade ini…kalo mampu ya semuanya jangan setengah2x misal upgrade mesin (biar suara lebih halus dan akselarasi mantap sehingga kecepatan bisa naik),pendingin mesin,ventilasi dan upgrade sistem senjata juga upgrade kemampuan amphibi (supaya kagak tenggelam) kalo untuk si mbah BTR-50 mungkin ada beberapa bisa dibuat sebagai Light Multiple Rocket Launcher Carrier,pake surplus MRL BM-14/17 yang banyak nganggur di gudang2x senjata atau jadi mortar carriernya mortir 120 mm tinggal ditambah mekanisme peredam kejut viola ! sedangkan untuk eyang kakung PT-76 mungkin ditambahken ATGM seperti AT-3,AT-4 atau AT-5..nah yang agak susah neeh AMX-10P,mau kagak prancis ngupgradenya ?

    2.RANPUR baru
    BVP-2 populasinya ada 40~60 an unit bisa digenapkan bertahap jadi 80an unit plus upgrade ATGMnya jadi METIS-M atau KORNET,BTR-80A jumlah +/- 12 unit, nah yang ini minim banget padahal mobilitasnya sangat tinggi dan fire rate kanon 30 mm juga dahsyat mbok bisa tolong ditambah minimum 40 an unit dan ada varian VSHORAD nya juga pake pod cangkok di turret isinya 4 biji SA-7 atau SA-18,BMP-3F/M denger2x total pemesanan 30 an unit dan ada yang udah dateng beberapa lagi driving test,LVTP-7 sejauh ini populasinya belon nambah dari 7 unit,entah kroya mo ngirim lagi apa kagak ? isunya sih ampe 30 an unit

    3.RANPUR lawas (phased out)
    BRDM-1 “bangkai” nya masih banyak bertebaran di gudang2x senjata KKO mmmm bisa kagak yah mesin ganti pake mesin jepang atau korea atau prancis ?,ganti instrumen elektrik,ganti sistem senjatanya kasih 12,7 atau 7.62 GPMG atau mungkin sebagai ATGM carrier lumayan buat patroli harian

    4.MRL
    setau ane yang ada skarang baru 7 unit RM-70 dari CEKO, mengingat senjata ini punya daya pukul yang maut ada baiknya ditambah hingga minimum 20 an unit PLUS akusisi BM-30 SMERCH 10 unit saja bisa membuat ngeri tetangga “sebelah” yang usil

    5.HOWITZER
    +/- 20 unit GIAT LG-1 105 mm,sebagai indirect fire support jumlah harus ditambah min 30 an unit sedangkan inventory lawasnya adalah M-1939 122 mm, neeh meriam tua2x keladi boss jumlah pastinya TIDAK DIKETAHUI🙂

    6.RPG
    RPG-7 populasi TIDAK DIKETAHUI, bisa tambah ama adeknya RPG-29 untuk jaga2x ngadepin “pendekar”nya negeri jiran… nanti bisa dibentuk tim khusus TANK hunter killer

    7.FAST ARMED PATROL BOAT
    ??? perlu banget untuk patroli dan penyusupan

  58. Satya Wira said

    Pasukan ini terkenal degan keahlian dan kecepatan gerak yg tinggi dlm membasmi setiap musuh dilapangan… selamat Hut Marinir dan Denjaka Bravo..ouh ouh yes…

  59. widi_nevan said

    hidup TNI….saya bangga dgn TNI yg merupakan putra-putri terbaik indonesia,saran saya jgn sampai kekuatan kita di remehkan oleh bangsa lain tak kecuali amerika…bravo TNI..!!!

  60. miss him.. said

    TNI Itu satuan yang membanggakan…..
    Trust me….
    Dirgahayu marinir tgl 15 November…
    semoga semakin ,
    Jalesu Bhumyamca jayamahe…

  61. suar said

    aku tidak peduli orang bekata apa. TNI tetap idolaku.Jangan pernah remehkan meraka. mereka adalah putra putri terbaik buat ibu pertiwi.hidup tni, jayalah tniku.

  62. suar said

    apapun kesatuannya. aku tetap bangga padamu.hidup tni.

  63. be the best said

    jaya terus denjaka

  64. be the best said

    bang komandan, ane mau tnya nih, apa bner tuh kopassus pringkat 3 special force di dunia???
    kalo bner.. bravo lah bwat sluruh psukan TNI…
    smoga denjaka bisa yg no 1 special foce di dunia…!!! amin..

  65. Karaeng maddu said

    Smw yg komentar yg jelek2kn TNI kita,mereka itu sebenarnya musuh dalam selimut kita.mereka gampang ngomong perang,tapi kalo terjadi perang mereka ikut ngungsi,ngumpet.tdk usah kita jelek2kn bangsa sendiri.kalian paling orang2 yg gagal masuk TNI makanya kalian benci sama kami.

  66. saya bangga dngan kopassus,denjaka,denbravo tapi tidak untuk densus 88,densus 88 belum bisa dikatogorikan sebgai spcial force,beraninya cuma dngan sipil,dengan orang2 yang sebulan baru belajar pegang senjata.kalau untuk denjaka,kopassus(satgultor 81),denbravo jempol buat kalian

    • sabhara said

      tapi terbukti Densus 88 lebih jago dan terbukti bro,..kalo brani lawan malingsia,..lebih baik tidak dianggap tapi hebat daripda merasa paling jago tapi “kosong”,..tracking cellphone aja gak bisa ,..

    • Maz all said

      bangga dengan TNI daripada detasemen bentukan negara barat. Amerika ngakunya terhebat sedunia, nangkap 1 orang Osama aja Nggak bisa. atau jangan jangan osama itu hany tokoh fiktif Seperti HULK,SUPERMAN,BATMAN ATAU ROBINHOOD

    • sang pengembara said

      gak usah berdebat,semua itu sudah ada tanggung jwbnya masing2,dan sudah ada ruang lingkupnya sendiri
      tergantung mereka yg menjalankan
      saya yakin semua yg menjadi pasukan denjaka,rangers,pasus,paska,taifib,gultor,paskhas serta densus 88 itu org2 pilihan
      mereka aja gak ribut mengapa kita yg ribut
      ingat bro ilmu padi,semakin berisi maka iya akan semakin menunduk. untuk sabhara : anda polisi ya, kalo polisi ngomongnya jgn kayak gitu mas ato jgn2 anda waktu masuk jadi polisi banyak kekurangannya terus nyuap panitia sehingga anda bisa masuk jadi polisi terus sok-so’an gitu.
      koment seenaknya ngomong, jgn bikin perpecahan antara TNI dan Polri. saya yakin anda itu orang bodoh tp dari keluarga kaya sehingga anda bisa jadi polisi . . . tugas apa yg anda bisa,jangan2 oknum yg membuat citra jelek nama polisi itu anda ya
      kalo koment pake otak jgn pake dengkul. saya yakin kalo anda berkelahi dengan maling pasti kalah

    • allie basyah said

      benar,,,mas sabara ini sepertinya polisi yg masuknya nyogok….jadi gampang kepancing sama orng orng yg menginginkan perpecahan TNI-POLRI….kalo memang bnyak kekurangan dari mas sabara ini jngan tambahin lagi dengan komentar2 anda,sehingga orng lain tahu kekurangan anda…….kalo pada ribut gak ada yg untung kok…..paling di tepukin sama orng2 yg benci TNI-POLRI……betul gak mas?

  67. free for comment said

    semua punya cara hidup yg beda2,, jadi tentara/polisi punya resiko, jadi sipil(rakyat) juga punya resiko,, PNS juga punya resiko,,

    kritikan adalah kewajaran untuk menjadi lebih baik,, kalo tentara dikritik masa jawaban “coba aja loe masuk/gabung tentara biar tau susahnya jadi tentara” itu jawaban sangat konyol,, yang pasti jawaban itu bukan profesional tentara,, profesional tentara tentu dah melalui uji mental untuk menjawab kritikan pedas dengan tenang dan menenangkan situasi,,

    sipil(rakyat) tidak ada uang dan fasilitas pensiun, jadi wajar jika tentara/polisi/pns selalu dikritik pedas oleh sipil(rakyat,yg telah menggaji tentara,polisi dan pns) karena sipil ingin kebenaran dan kejujuran atas kelangsungan negara dan pemerintahan yang adil dan makmur,

    sipil YES dan non sipil YES juga mari bekerjasama membangun INDONESIA menuju kejayaan. terima kasih,

  68. Deni said

    KELELAHAN SURVIVAL, SEPULUH PRAJURIT MARINIR AMERIKA DIEVAKUASI
    21 Okt 2009

    DISPENAL (21/10),- Marinir Amerika yang terkenal dengan sebutan United States Marine Corps (USMC) menghadapi tantangan berat. Pasalnya, mereka harus menjalani latihan bertahan hidup di dalam hutan Selogiri, Banyuwangi, Jawa Timur, seperti yang dituturkan Kepala Tim (Katim) Survival Kapten Marinir M. Machfud di hutan Selogiri, Banyuwangi, Selasa (20/10).

    Cuaca pagi itu sangat cerah dan sedikit demi sedikit mulai berangsur panas. Ratusan Prajurit Marinir Amerika tampak bersemangat dengan persiapan segala perlengkapan tempur seperti layaknya akan berangkat ke medan perang.

    Senapan laras panjang M.16 A4 dan GPMG serta senjata canggih lainnya yang dilengkapi dengan infra merah tak pernah lepas dari genggaman mereka. Tak ketinggalan, peralatan komunikasi yang cukup canggih dan alat digital petunjuk posisi di bumi yang disebut Global Positioning System (GPS) juga di siapkan.

    Maklum, pasukan elit dari Amerika ini sedang bersiap akan mengikuti sesi latihan perang dan bertahan hidup di dalam hutan yang dikenal dengan istilah Jungle Survival, latihan ini dilakukan di hutan Selogiri, kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

    Hutan Selogiri merupakan hutan tropis yang sangat mendukung untuk latihan perang dan memiliki karakteristik daerahnya memungkinkan pasukan untuk membuat manuver – manuver saat berperang di dalam hutan. Pohon – pohonnya sangat rindang. Gemericik air sungai yang jernih, suara burung dan hewan lainnya seakan menyambut Marinir Amerika untuk menjajal medan baru yang belum mereka kenal. “ Show me the jungle,” ungkap salah satu tentara Amerika kepada seorang pemandu dari Marinir TNI AL Serma Mar M. Ani Rosidin.

    Latihan Survival kali ini diikuti 362 Marinir Amerika yang dipandu oleh 16 pelatih, 3 Interpreter, 4 Personel Komunikasi, 5 Prajurit Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Korps Marinir TNI AL. Kegiatan survival ini merupakan bagian dari rangkaian latihan bersama Marinir Amerika dan Indonesia dangan nama Latihan bersama (Latma) Interoperability Field Training Exercise ( IIP – FTX ) 2009 yang digelar 17 – 24 Oktober 2009.

    Latihan bersama yang dikomandani oleh Kolonel Marinir Nur Alamsyah ini dilakukan di empat tempat, antara lain di Pantai Banongan, Puslatpur Marinir Karangtekok, kecamatan Banyu Putih, Situbondo, Pasewaran dan hutan Selogiri, Banyuwangi.

    Sebanyak 362 Prajurit Marinir Amerika yang menjelajahi hutan liar itu dibagi menjadi 2 gelombang, tiap gelombang dibagi menjadi 5 Tim yang tiap tim dipandu oleh para pelatih dan dokter dari Korps Marinir TNI AL. Satu persatu tim di berangkatkan, didalam hutan, sudah disiapkan rintangngan dan jebakan ranjau yang dipasang sedemikian rupa sebagai tantangan. Blarr … Sesekali terdengar suara ranjau yang meledak dari balik rerimbunan hutan. Tak ayal, para prajurit sempat kalang kabut. Namun mereka tetap saling koordinasi dan satu komando dengan komandan regunya.

    Sebelum menjalani perang di dalam hutan, para prajurit Marinir Amerika ini dibekali beberapa pengetahuan dan wawasan terkait cara bertahan hidup di dalam hutan. ” Mereka juga kita ajari bagaimana cara makan tumbuh – tumbuhan di hutan, menghadapi hewan buas seperti ular dan beberapa jenis binatang buas lainnya”, terang Kepala Tim Survival Kapten Marinir M. Machfud. Seorang pelatih lainnya Pelda Marinir Mujiono mempraktekkan bagaimana cara yang benar dalam menjinakkan ular. Beberapa prajurit Marinir Amerika pun juga ada yang mencoba makan beberapa jenis tumbuh – tumbuhan liar.

    Dengan bekal logistik yang terbatas, seorang tentara memang dituntut bertahan hidup. Tiap gelombang latihan Survival ini memakan waktu empat hari empat malam. Tanpa persediaan makanan, pasukan diharapkan mampu bertahan selama empat hari empat malam. Namun karena kelelahan dan tidak tahan dengan cuaca tropis, terhitung sejak Senin, 19 Oktober hingga Selasa 20 Oktober 2009 telah tercatat 10 prajurit Marinir Amerika yang tumbang dan tidak sanggup melanjutkan latihan survival dimedan latihannya para prajurit Korps Marinir TNI AL dari semua strata kepangkatan. Ranus (26 th) berpangkat BFC kelahiran California misalnya, ia merupakan salah satu dari 10 Prajurit Marinir Amerika yang terpaksa harus dievakuasi oleh tim medis dari Korps Marinir Indonesia akibat kelelahan menghadapi hutan tropis yang menurutnya cukup berat dijadikan ajang latihan bertempur baginya.

    sumber :
    http://server.tni.mil.id/news.php?q=dtl&…2006125007

    ane bangga jadi warga negara indonesia seandainya ane punya fisik yang kuat ane pasti dari dulu sudah bergabung dengan marinir.

    JALESVEVA JAYAMAHE maju terus TNI AL!

    • kudapedofil said

      salut! buat TNI AL walau lu ngepost berita lama tapi gpp biar orang disini pada tau

      HITAM KATA BUNG KARNO HITAM KATA KKO PUTIH KATA BUNG KARNO PUTIH PULA KATA KKO

      JALESVEVA JAYAMAHE

  69. wahyu said

    Salut buat TNI dan POLRI…….
    yang komen gak jelas lebih baik jadi sasaran tembak saja.Kalau Gak diundang saja buat latihan militer bersama,biar pada tahu rasanya mereka……………….

  70. izin..
    kalau boleh tau, operasi² apa saja yang sudah di lakukan oleh denjaka di luar negri..?

  71. Dani haryadi said

    aku ga mau ada kasus Korupsi,Kolusi,Nepotisme di negara indonesia. tinggalkan budaya orde baru.mementingkan golongan dan budaya kambing hitam, lebih baik mengaku salah didepan rakyat, dari pada dosa (siksa neraka) menanti di hadapan sang pemilik kerajaan langit dan bumi (allah SWT.

  72. Dani haryadi said

    maju terus tentara indonesia, aku bangga dengan tentara indonesia, harga diri harga mati,tanah air satu, bahasa satu, bangsa satu yaitu bangsa indonesia. saya pengen julukan macan asia indonesia kembali mengaung.disegani oleh bangsa2x lain. doa ku menyertai seluruh rakyat indonesia yang ingin merdeka!!!!!!!!!!!!!!
    revolusi indonesia ku sekarang juga. aku ga mau harga diri orang indonesia di injak injak oleh bangsa lain, dan jangan bangsa indonesia mau di adu domba. indonesia tetap jaya

  73. AL cru said

    Yang mau saya tanyakan mengapa sewaktu pemberantasan teroris GAM, dalam hal ini Denjaka tidak turut serta dalam pembasmian.
    Apakah ini dikaitkan dengan masalah intern antara TNI dan Polri yang selalu bersaing?
    Mohon jawabannya..
    Good Job Denjaka
    Dan Kalau ga salah katanya pasukan katak kita sudah pernah pukul mundur kapal perangnya Malaysia di Ambalat. Apakah benar juga demikian?

    • zeycn said

      sipil coba menjawab…..

      setau saya denjaka selalu melakukan misinya secara rahasia…jadi walaupun tidak ada keterangan yang resmi bahwa denjaka ikut dalam pemberantasan teroris GAM…saya yakin denjaka ikut serta dalam hal ini…
      soalnya yang saya dengar denjaka kalau sedang melaksanakan misinya mereka suka menyamar…bisa jadi sipil atau mungkin jadi prajurit dari kesatuan lain..malah saya pernah dengar denjaka pernah menyamar jadi anggota kopassus dalam melaksanakan misinya…

  74. Raoul Kansil said

    Saya teringat kata2 Alm Jend Urip Sumohardjo: suatu negara tanpa tentara adalah mustahil,
    saya sangat setuju, “hidup ABRI, hidup Denjaka tetap semangat”.

  75. Rio said

    mohon izin komandan,
    saya hendak mengetahui bilamana penangkapan pemimpin GAM yang dilakukan hanya dengan 3 orang anggota djk?

  76. bondan said

    agak telat gbg nich,,,bwt yg komentar asal nyeplos.kt punyai satuan elite harsnya bgga,bknya b’komen yg gak pantes.org2 kyk kalian itu yg harusnya dpake sasaran tembak hidup bwt lathan pasukan elit.byr tahu bukti hebatnya mereka,,one shot one kill,,

  77. CRI(pendukung TNI) said

    bagi yang tidak tau beritanya denjaka dan TNI jangan komentar yang bermaksud menghina. terima kasih !!

  78. CRI(pendukung TNI) said

    JALASVEVA JAYAMAHE !! .

    HIDUP TNI AL,TNI AU , TNI AD !!!
    mari menjaga keamanan indonesia . demi anak cucu kita.

    • cobra said

      memang nya hanya 3 angkatan itu yang ada,..yang lain lebih hebat dan di akui masyarakat aja gak meninggikan diri ,..kog malah Denjaka yang belum pernah ada yg di buat,… ngakunya hebaat,..gimana kalo udah “pernah ” nangkap teroris seperti Anti teror lain yahhh??? ,.selamat buat Denjaka,..

    • basyah said

      setahu sy denjaka sllu ikut operasi di mn sj,di aceh jg selalu berhasil,tp satuan ini jg gak pernah mau di tulis keberhasilannya,coba tanyakan kawan-kawan di luar 3 angkatan itu,bgmn kiprah djk sewaktu di polres pidie,…kompol reza dari gegana tahu banyak tentang djk kawan…..smg membuka wawasan anda.

    • sanca said

      ikut dong kayak Detachemen Khusus yg lambang nya borgol,..udah banyak yg di tangkap dan di vonis pula,..gak sok jago,..teman saya Joni dari Denjaka,..kaget buanget liat alatnya Densus 88yang bisa deteksi keberadaan orang ,..saran: sebaiknya denjaka juga kursus di Densus 88 sambil tukar ilmu gitu,..tul gak???

    • allie basyah said

      mas sanca di denjaka yg namanya joni gak ada lho,,,,,tp ada ikut pendidikan denjaka tp gak lulus karena gak sanggup namanya joni….mungkin itu kali….maksudnya,,,,,,,

    • Ronald karyawan freeport said

      Mas sanca….gak usaah gede kepala dulu dong….,mmg jamannya sekarang jaman sipil ,jadi apapun ya mmg hrs polisi,….tp kalo negara dalam keadaan keos setahu jg tentara yang turun,,,ini sy alami tahun 2007,waktu itu ada masalah intern di kepolisian polsek timika,,,,antar anggota polsek yg berantem gara gara minuman keras,kebetulan keduanya orng papua tapi lain suku,,,sehingga berujung akan terjadinya perang suku,,,,sampai polsek timika di kepung warga ,anggota dan keluarga besar polsek terkurung,tapi kebetulan di belakang posek ada pangkalan udara TNI AU ,Jd pagar polsek di jebol seluruh anggota polsek di amankan di pangkalan dan di jaga tentara,,,,tp 3 hari timika dlm keadaan lumpuh,,,,,brimob di turunkan tp massa tdk mau bubar tambah beringas,,,,ujung2nya TNI juga yg turun dan buka blokade jalan yg di lakukan warga,,, pakai panser TNI,,,,,,bahkan kapolres jg nyamar Pakai jaket loreng TNI,,,,,baru situasi bs di kendalikan,,,kalo gak salah bpk Komandan kodimnya pak TRI……JD GAK USAH merasa paling jago lah mas…..mmg jamannya jaman sipil ya mmg polisi yg nangani,,,,tp kalo musuhnya sdh bw bedil semua ya Pasti Pak tentara jg yg turun,,,,,,makanya tetap bersatu TNI-POLRI.kalo ada oknum sprti mas sanca ini bahaya atuh….

  79. CRI(pendukung TNI) said

    JALASVEVA JAYAMAHE !! .

    HIDUP TNI AL,TNI AU , TNI AD !!!

    mari menjaga keamanan indonesia . demi anak cucu kitan.

  80. bocah tidar said

    maju terus teman…

  81. Teguh said

    maju terus pantang mundur..Tetap menjadi bagian yg terbaik dan terlatih..

  82. r_satriya said

    doakan saya bisa jadi y!

  83. hisar stax said

    i like TNI.
    lo yg jelekin TNI mang orang bodoh,
    krn lo g prnh bangga ma tentara yg di miliki indonesia.
    sblm komentar lo hrs bsa lihat sejarah TNI.
    cahyooo TNI.

    • balechum said

      saya setju bgt dengan hisar stax … orang yang bodo gk ngerti susahnya perjuangan TNI .. setan loe yang komntar TNI gk brni perang… ” mereka tinggalkan keluarga demi negara dan keluarganya” yang ngejek TNI gk pernah ngerasain aj bacot ae !
      bapak gw ngerasain susahnya menjadi TNI . loe loe yang ngebacot blom puas loe ngehina tentara kita??!! ikut malysia sana !!! emang sipil yang GOBLOK kalo gk ngerti TNI ..!!!!

  84. kpn dong suku dayak jug jg jd anggota denjaka

  85. denjaka adalah pasukan yang hebat bg bangsa indonesia

  86. bob said

    gak mungkin itu tentara indonesia. dari mana duit beli senjata keren-keren itu .yang saya tau duit rakyat kan dipakek korupsi…..ama para pejabat…

  87. ngk jelas said

    nggak ngaruh tetep…..ngk jelassssssssssssssssssss………lo !,kagak pernah peranggggggggg…..aja,gaya doang,cemeeeeeeeen…..,paling2 densus88 tembakin teroris doang,eh kapal malay masuk perairan,pada diem ja,mati gaya,bantai dong tuh malay.buktiin tuh latihan,ngk butuh gaya,buktikannnnnnnnnnnnnnnn…….!bikin kami bangga sebagai warga indonesia.yg mempunyai militer terkuat diasia tenggara,militer dari sipil juga kaleeeeeee….mang militer bukan orang ya?oia jgn lupa tuh kapal selam diupgrade lg wkkkkkkkkk………kyk anti virus aja pke di upgrade,ngk jelaaaaaaaaaaaaaassssss…….

    • CRI said

      kami tau malaysia pernah nerobos perairan kita . tapi kita gk semena mena gtu. langsung ngedor..kami punya taktik . kami tidak bergaya . kami melakukan intruksi apa yang kami dapat.
      coba anda yang melakukannya. jangan langsung komntar .
      kami sudah bolak balik menangkap. tapi beritanya kami tidak mau disiarkan. anda
      masalah kapal selam sedang di pertimbangkan pembeliannya . sekarang gimana kalo anda yang jadi panglima atau presiden? kami butuh pertimbangan .anda jangan langsung nyeplos aja .
      kami punya taktik , pikiran, perintah. tidak langsung main seperti itu. jika anda ingin tau silahkan gabung dengan kami , bagaimana denjaka itu. kami persilahkan !

    • aldy said

      jgn dikomen pendapat org2 yg tak ngerti, kalo mereka bodoh kita jgn terpancing jd bodoh pula. bravo denjaka

    • anti anak punk said

      yah begitulah anak muda jaman sekarang,gampang terprovokasi,
      tentaranya sendiri dijelek-dijelekan,gimana indonesia mau maju kalau anak mudanya kayak gitu

      ngmong asal ceplas ceplos,
      udah pak gak usah di tanggapi omongan bocah itu pak,gak ada untungnya

  88. gumter said

    bangga sih bangga,, tapi jangan semena2 ma rakyat, ente pnya kemampuan yang luar biasa hebat tp jngan ente pake buat ngancem rakyat,,, bnyak kjadian sprti itu…. makanya para komandan denjaka tolong diajarkan cara bersosialisasi ma rakyat,, ingat TNI terlahir dari RAkYAT dan untuk RAKYAT,,, hidup marinir….!!!

  89. maju terus denjka……

  90. M.YUSUF said

    BHUMCAYA JALESU JAYAMAHE ( Di Darat & Laut Kita Jaya )
    JAYA NAN ABADI INDONESIAKU

  91. ya gw stuju buanget tuhc ama pendapat awal, latihan di gedein, perang ja kagak”” jaga perbatasan aja ga becus, latian2 ujung2nya cuma nakut2tin rayat lagi,, cape dehccc………..

    • aldy said

      iya ya……tapi kalo perang apa anda ngak ngumpet tuh…..heehehe……jgn asal koment deh….(saya dah lihat betapa sulitnya di medan perang, mana hrs jaga HAM, mana jiwa terancam)

  92. siapa aja said

    biar kopassus dblang pasukan khusus nomer 3 didunia kek,denjaka pling bagus kek,tetep aja ngk pernah perang,lontang lantung pada gemuk2,malah bnyak prajurit yg jdi supir dan tukang potong rumput,pengalaman membuktikan,bokap gw sebgai veteran irian barat pernah bercerita waktu ditembaki dari pesawat tempur belanda,dan ranjau asli meledak,teman2nya pada nangis terkencing kencing.taw kan film saving private ryan dimana klo dah perang terbuka bgtu ngk da yg hebat,cma orang beruntunglah yg selamat.paham ente bro.makanya indonesia ngk berani perang ma malaysia,abis para jenderalnya lebih sibuk kampanye dan ngumpulin harta.heheehehehehe keren kan indonesia kita.

    • rated X said

      wei tai ngomong lo udah kya malay aja! tai mank lo bisa apa buat ni negara! daripada lo komentar kaya banci mndingan lo cobain dah tu masuk tentara! sipil anjing

    • paspur said

      rate x> bener apa kata kamu, “siapa aja” cm besar dimulut tp nol besar dipraktek, dia ngga’ tw susahnya jd pasukan elit…

      tp kl buat para petinggi militer indonesia “siapa aja” ada benarnya, para jendral disini sdh luntur sumpah prsjuritnya,mrk sdh ga’ peduli sm NKRI, mrk terjebak kepentingan organiasasi dan kepentingan sesaat…

    • CRI(pendukung TNI) said

      saya sarankan anda ikut tentara saja ! bagaimana rasanya . jangan langsung komentar anda.. kami meningkatkan latihan demi keamanan negara . masalah perang kami bukannya takut ,kami ikuti perintah . siap tembak ,siap mati juga kami!. anda kalau tidak percaya silahkan masuk abri !!!
      kami tidak suka dihina…

    • Satria said

      Menjadi tentara adalah pilihan hidup untuk mengabdi kepada bangsa, menjadi pasukan khusus karena dipilih dan memiliki kualifikasi diatas rata rata.
      Saya bangga menjadi warga negera Indonesia, memiliki tentara yang membanggakan dengan segala keterbatasannya masih mampu menunjukan kewibawaan dimata dunia.
      Tentara bukan melulu perang, tentara dan semua kesatuanya didirikan untuk menjaga wibaya negara kita, kalian yg bermulut besar dan berbadan kurus, berotak kerdil tidak akan mampu dikualifikasi paling dasarpun untuk masuk. Kalian hanya bisa duduk ngrokok, ngopi dan bermartubasi di depan komputer dan komentar yang ngaco tentang apa yg sudah diberikan negeri ini padamu.
      GO TNI, GO INDONESIA KU

    • aldy said

      allow “siapa aja berkata” kalo kita perang dg m’sia, apa anda berani ikut?? sy dah lama hidup di m’sia, mereka juga pada penakut, malah tuk nangkap maling aja, polis mereka yg diperbatasan sering minta bantu kpd polis kita, lebih baik anda diam saja, jgn asal omong (saya sipil murni, tinggal di aceh)

  93. kotadata said

    mantap!!! NKRI ADALAH HARGA MATI
    http://kotadata.wordpress.com

  94. diel doang said

    mana videonya,boleh tahan,kalo bisa senjatanya jgn pakai buatan luar,mana mekanik2 terbaikita,pesawat tempr,,mesti bisa negara kita buat tak mesti hrs beli ke luar,andai terjadi perang,memang dlm perbandigan sy,utk peralatan tempur yg bisa buat sendiri utk asia tenggara indonesia yg lebih kretif.palagi tu amrik,da perna embargo ina zaman pak to doelo.susah dibuatnya,peralatan tampur berkafasitas bnyk dikanibalkan menganti yang rusak,pemerintah tu jgn nyambar aja ditawaran peralatan tempur dr luar.

    • CRI(pendukung TNI) said

      kami sudah mempercayakan kepada Pt PAL (masalah perkapalan) Pt Dirgantara Indonesia (masalah Pesawat) Pt Pindad (khusus persenjataan darat)

      produk dalam negeri sedang kami gunakan sekarang.

  95. tiyas said

    iri bangat lihat mereka,tapi aq harus bersyukur walaupun cita2 ku ga bisa menjadi tni,khususnya denjaka,aq sangat bangga kepada kaluan,bravo denjaka nomero uno

  96. pengawal samudera said

    tak ada kata lain,,bangga sepertimu,,,the best special forces…selamat ultah yah…maaf tak ada kado untukmu hanya doa yang slalu menyertai…

  97. ryan yaudussalam said

    aku salut dan sangat bangga melihat bangsaaku mampu membentuk pasukan-pasukan hebat sekelas Mossad dan Royal air Force,,,,hidup Den Jaka,,,jayalah di Kau,,,selamat bertugas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: