yang aneh-aneh

cari ilmu tanpa batas……!!!!!!!

Makhluk-makhluk Mitologi

Posted by Orang Aneh pada 25 Oktober 2009


1.Ash Tree Nymphs

Merupakah hasil dari darah Uranus yang dikebiri oleh Cronus.

2.Typhoeus

Typhon anaknya Gaia dengan Tartarus. monster terseram yg pernah ada. Ratusan kepala naga muncul dari punggungnya dan digambarkan sampai menyentuh bintang2. racun menetes dari matanya. mulutnya menyemburkan lava dan batu2 membara.

Waktu mengangkat gunung Aetna dalam perang melawan dewa2 Olympus, Zeus menyerangnya dengan ratusan petir, sehingga ia kalah dan tertindih gunung tersebut.

3. Sirens

Sirens adalah wanita bersaudara yang memancing para pelaut menuju kematian.Alunan music Sirens membuat para pelaut terhanyut untuk mendekatinya lalu kapal mereka hancur ketika mendekati sirens.

4. Chrysaor


Chrysaor merupakan saudara dari Pegasus. Sedikit yang dapat diketahui dari Chrysaor tetapi kemudian ia dikenal sebagai prajurit yang berhati kuat dan gagah berani. Namanya berarti pedang emas. Dia berayahkan Geryon. Penampilannya tidak diketahui, tetapi berdasarkan cerita ia tidak terlihat sebagai pada umumnya. Dia kemungkinan sebesar raksasa.

5. Orthrus

Orthrus (Orthros, Orthos, Orthus, Orth and Orphus) adalah anjing berkepala dua, yang juga merupakan saudara kembar dari Cerberus. Orthrus juga merupakan anak dari Thypon dan Echidna.

Orthus adalah milik Titan berkepala tiga Geryon. Orthus dan tuannya, Eurytion,bertanggung jawab menjaga Geryon’s herd of red cattle di Erytheia tanah matahari terbenam (The “sunset” land of Erytheia), salah satu pulau dari kepulauan Hesperides , bagian barat Mediterranean.
Hercules membunuh Orthrus, Eurytion, dan Geryon sebelum mengambil red cattle (sapi merah) untuk menyelesailan “tugas kesepuluh” (tenth labor).

6. Centaurus

Centaurus merupakan hewan legenda bewujud kuda yang memiliki bagian tubuh manusia yg terdapat pada bagian leher tubuh kuda tersebut.
Para ahli menilai, mitos Centaurus muncul dari ketakutan bangsa Yunani akan bangsa Mongol kuno yg pandai mengendarai kuda serta memakai busur panah (horse archer). Bangsa Mongol ini sering menyerang kota-kota di Yunani.

Menurut mitosnya, Centaurus hidup tersembunyi di dalam gelapnya hutan. Mereka menghormati hutan seperti Ibunya sendiri, memburu hewan seperlunya, serta berusaha sebisa mungkin untuk tidak tampil mencolok. Seluruh ras Centaurus adalah jantan. Mereka bereproduksi dengan menculik manusia yg wanita untuk kemudian dikimpoii dan ditawan sampai dia melahirkan. Setelah bayi Centaurus lahir, para wanita dikembalikan lagi ke desa masing2.

Menurut legenda, Hercules tewas di tangan Centaurus bernama Nessus ketika sang Centaurus berusaha merebut istrinya. Hercules kemudian hidup dengan bahagia dengan istri sebelumnya (yg dia bunuh atas provokasi Hera) di puncak Gunung Olympus.

Centaurus sangat mahir dalam menggunaka panah serta lembing. Kecerdasan serta kebijakannya konon lebih unggul dari manusia. Hal ini lah yg membuat mereka merasa arogan dan lebih senang hidup di hutan.

Para pemburu biasanya memburu Centaurus untuk diambil jantung mereka. Centaurus memiliki 2 jantung. Jantung (pada bagian tubuh manusia) Centaurus memiliki efek kamuflase serta peningkatan kemampuan memanah pada manusia yg memakannya. Sedangkan Jantung kuda Centaurus, memiliki efek membuat yg memakannya dapat berlari 3 hari 3 malam tanpa rasa lelah.

Sagittarius merupakan contoh Centaurus yg dipasang oleh Hera untuk menghiasi langit

7. Golem

Golem pertama kali muncul dalam legenda-legenda Yahudi..
Ini berdasarkan kepercayaan bahwa manusia diciptakan dari tanah liat. Maka, penyihir-penyihir Yahudi pun berlomba2 menciptakan sejenis manusia. Golem sendiri berarti batu , palsu , atau budak dalam bahasa Hebrew kasar.
Bahkan, ada cerita diantara umat Yahudi, kalau Suleiman The Great pun menciptakan Golem2 untuk membangun kerajaan nya serta menjadi pelindung istana. Golem sendiri tidak semuanya berbentuk manusia. Golem berbentuk manusia, merupakan yg paling populer karena mitosnya paling berhubungan.

Clay Golem lah generasi pertama dalam penciptaan Golem. Ketika para penyihir menyadari bahwa tanah liat kurang begitu efektif dan ciptaan mereka sama sekali jauh dari citra manusia, mereka putus asa. Di dalam keputusasaan tersebut, mereka merubah pola pikir dan menjadikan Golem sebagai pelindung.
Selanjutnya, mereka pun membuat Golem yg lebih kuat dari batu karang. Meskipun Golem ini kokoh, namun kelincahannya begitu memperihatinkan. Gerakannya pun patah2. Tetapi, Golem ini tetap saja menjadi favorit para penyihir-penyihir.
Setelah datang era logam, para penyihir tertarik untuk bereksperimen menggunakan logam sebagai bahan dasar pembuatan golem jenis baru. Golem terakhir ini dinilai sempurna karena memiliki pertahanan yg cukup tinggi dan pergerakan yg cukup luwes. Namun, produksinya sedikit. Karena bahan yg digunakan pada saat itu mahal.

8. Zombie

Zombie atau zombi adalah sebutan untuk mayat hidup dalam sistem kepercayaan Voodoo orang Kreol dan Afrika-Karibia. Zombie adalah manusia dengan roh yang sudah dicuri lewat cara supranatural atau perdukunan, dan dipekerjakan sebagai budak yang mengabdi pada “majikan zombie” di perkebunan terpencil.

Zombie dalam kepercayaan voodoo

Menurut ajaran Voodoo, dukun ilmu hitam atau pendeta voodoo yang disebut Bokor bisa menghidupkan kembali manusia yang sudah mati. Zombie tidak memiliki kemauan sendiri sehingga selalu berada di bawah kendali sang majikan. “Zombi” juga merupakan nama untuk dewa ular voodoo yang bernama Damballah Wedo asal Nigeria-Kongo yang dekat dengan kata nzambi yang dalam bahasa Kongo berarti “dewa”.
Di tahun 1937, peneliti Zora Neale Hurston yang melakukan riset folklor di Haiti menemukan kasus Felicia Felix-Mentor yang meninggal di usia 29 tahun dan sudah dikubur di tahun 1907. Penduduk desa percaya bahwa mereka sering melihat Felicia yang sudah meninggal 30 tahun yang lalu masih suka berkeliaran di jalan-jalan. Kasus yang sama juga dijumpai pada beberapa orang yang lain. Zora Hurston berusaha mencari kebenaran kabar burung yang mengatakan zombie adalah manusia yang telah diberi ramuan obat-obatan, namun tidak berhasil menemukan orang yang mau membuka mulut tentang rahasia zombie.[1]
Beberapa puluh tahun kemudian, seorang ahli Etnobotani Kanada bernama Wade Davis mengangkat kasus zombie dari sudut pandang farmakologi, dalam dua buku berjudul The Serpent and the Rainbow (1985) dan Passage of Darkness: The Ethnobiology of the Haitian Zombie (1988). Menurut hasil penelitian Wade Davis sewaktu berada di Haiti tahun 1982, ramuan dua jenis bubuk obat yang dimasukan ke dalam aliran darah (biasanya lewat luka terbuka) dapat mengubah orang hidup menjadi zombie.
Bubuk obat pertama disebut coup de poudre (bahasa Perancis untuk “obat penyerang”) yang membuat manusia dalam keadaan “seperti mati” akibat dosis tetrodotoksin. Tetrodoksin merupakan racun mematikan yang juga dikandung ikan buntal dan ikan fugu yang merupakan makanan lumrah di Jepang. Manusia yang diberi tetrodoksi dalam dosis nyaris mematikan (LD50 sebesar 1 mg), bisa berada dalam keadaan hampir mati untuk beberapa hari, tapi terus dalam keadaan sadar. Ramuan bubuk obat kedua dari tanaman genus Datura bersifat halusinogen dan membuat orang menjadi tidak memiliki kemauan sendiri. Wade Davis juga mengetengahkan kisah orang Haiti bernama Clairvius Narcisse yang mengaku pernah menjadi dijadikan zombie. Teori Wade Davis sering ditanggapi orang secara skeptis dan kebenaran ceritanya sering menjadi sumber perdebatan. Kepercayaan voodoo masih penuh kerahasiaan yang sulit ditembus peneliti asing, walaupun sebagian orang Haiti mengakui tentang keberadaan “obat zombie”

9. Rusalka

Dalam Slavic Mythology,Rusalka adalah hantu wanita (yang berwujud seperti Water Nymph,Succubus,Mermaid atau Siren),yang tinggal di perairan.

Menurut beberapa cerita rakyat,Rusalka adalah wanita setengah ikan yang tinggal di dasar sungai,pada tengah malam,ia keluar dari sarangnya dan menari di padang rumput,mereka memancing manusia untuk ikut ke dasar sungai dengan lagu dan tariannya yang memukau untuk hidup bersama mereka. Cerita tentang rusalka berkaitan dengan hantu jerman Nix dan hantu irlandia Banshee

Rusalka adalah roh dari anak perempuan yang meninggal sebelum dibaptis,atau dibunuh ibunya dengan cara ditenggelamkan, mereka tidak akan menggangu jika manusia tidak mendekati, roh anak tersebut akan bergentayangan di sungai sekitar hutan memohon agar dibaptis supaya mereka tenang di alam baka.
Tempat hidupnya tepat di perairan dimana dia mati, pada malam hari Rusalka bisa keluar dari air, memanjat pohon, menyanyikan lagu dan menyisir rambutnya atau bergabung dengan rusalka lain untuk menari di padang rumput.

Menurut cerita mitologi, mata rusalka menyala seperti api berwarna hijau, rambutnya berwarna kehijauan dan selalu basah,menurut beberapa legenda, jika rambut rusalka kering, maka ia akan mati , suka menggoda laki-laki, dengan menariknya melalui tarian dan nyanyiannya,lalu menenggelamkannya, laki-laki yang tergoda oleh rusalka akan mati dalam pelukannya. Dalam versi lain,suara tawanya jg bisa mengakibatkan kematian.

Beberapa versi rusalka di beberapa negara
- UKRAINA : Rusalka selalu hidup di air
- BELORUS : dia berada di ladang yang subur,berwujud wanita cantik yang telanjang
- RUSIA : Rusalka berwujud Wanita dengan dada besar
- di Utara Eropa : digambarkan dengan sosok wanita yang sangat jelek yang tubuhnya tertutupi rambut.

10. Lilith

Lilith adalah iblis betina berasal dari Babilonia yang suka mencuri anak-anak manusia. Orang-orang Ibrani mengadopsi ini dan menganggap Lilith adalah istri pertama Adam yang sama-sama diciptakan dari tanah. Karena sama-sama dari tanah, Lilith menganggap posisinya setara dengan Adam. Adam menolak persamaan ini, dan Tuhan membuang Lilith jauh dari sorga. Lilith bertemu dengan Lucifer dan dari hasil penyatuannya lahirlah jutaan iblis-iblis penggoda manusia.

Ada juga versi yg menyebutkan bahwa Lilith sejak semula memang bukan manusia. Tampak seperti manusia (wanita), tetapi bukan. Lilith adalah salah 1 dari fallen angels yg mencoba mendekati Adam untuk mencemari keturunannya. Karena itu kemudian Eve (hawa) diciptakan bagi sebagai penolong yg sepadan bagi Adam. Lilith kemudian meninggalkan Adam untuk menjadi istri Lucifer & melahirkan banyak iblis.
Konon Lilithlah yg menjelma menjadi ular untuk menipu Eve memakan buah dari pohon terlarang.

11. Elf

Elf adalah makhluk yang lahir dari mitologi Jerman. Elf biasanya berwujud manusia yang sangat kecil dan biasanya mempunyai tugas sebagai dewa kesuburan, biasanya dalam penggambarannya Elf adalah seorang pria muda atau wanita muda yang sangat cantik yang tinggal di hutan dan bawah tanah. Mereka digambarkan dengan keistimewaan yaitu hidup abadi dan kekuatan sihir.

12. Leviathan

Leviathan adalah salah satu monster laut yang paling melegenda. Leviathan adalah salah satu tokoh di Talmud Yahudi (Perjanjian lama, Alkitab) yang merupakan seekor monster ganas yang mengarungi samudera.Leviathan dikatakan sebagai yang terbesar, ular naga laut (sea serpent) yang terbesar, dan terkuat, dan di Alkitab dilambangkan sebagai sesuatu yang jahat. Menurut legenda Yahudi kuno, Leviathan memakan satu ekor paus dalam sehari dan memiliki mata yang bercahaya didalam kegelapan malam ketika Leviathan melompat di samudera dan menyerang kapal.

13. Hydra

Hydra memang tidak tinggal di laut, tapi ia tinggal di rawa. Tetapi karena rawa bakau itu memiliki jalur ke laut juga, Hydra juga digolongkan sebagai sea serpent (ular naga laut). Hydra muncul didalam legenda Yunani kuno. Hydra adalah ular berkepala banyak yang bersenjatakan racun hydra yang legendaris dan tidak bisa disembuhkan, karena racun hydra akan langsung melelehkan kulit. Setiap giginya mengandung racun mematikan. Dan dikatakan bahwa Hydra tidak dapat mati.

14. Jörmungandr

Jörmungandr adalah ular raksasa dalam legenda bangsa Viking. Jörmungandr adalah sea serpent putra Loki, saudara angkat dari Thor, dewa petir Viking pembawa palu legendaris, Mjolnir. Jörmungandr sering mengganggu keamanan laut dengan menyerang kapal2. Jörmungandr satu jenis dengan Leviathan. Pada akhirnya, Jörmungandr dikalahkan oleh Thor.

15. Hippogriff

Hippogriff adalah bangsa makhluk legendaris yang masih berkerabat dekat Griffin, yang seringkali dilukiskan sebagai makhluk berwujud setengah burung rajawali/elang, dan setengah kuda. Kepala dan badan depannya menyerupai rajawali sedangkan tubuh bagian belakangnya berupa tubuh dan kaki kuda. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil perkimpoian antara kuda dengan Griffin.

Kesimpulannya, Hippogriff memang seperti Griffin, namun ia lebih jinak sehingga lebih mudah untuk dikendalikan. Dalam dongeng-dongeng dan kisah fiksi fantasi, Hippogriff sering berperan sebagai hewan peliharaan atau kendaraan bagi ksatria dan/atau tukang sihir. Hal itu membuat Hippogriff menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau tempat-tempat jauh, nyaman ditunggangi, dan secepat kilat.

16. The Nemean lion

The Nemean lion adalah monster ganas dalam mitologi yunani. Nemean Lion adalah anak dari Typhon dengan Echidna, saudara Theban Sphinx.Diceritakan bahwa Nemean Lion dikalahkan oleh Hercules dengan tangan kosong karena tidak ada senjata yg dapat melukai Nemean Lion. Setelah Nemean Lion dikalahkan, kulitnya dijadikan mantel oleh Hercules.

17. Sphinx

Ada dua versi, Sphinx dari mitologi Mesir dan Yunani.
Mitologi Yunani
Sphinx adalah anak dari Echidna dan Thypoon. Monster singa berkepala manusia (dan bersayap elang) ini dikirim Hera buat kutukan di kota Thebes. Sphinx menjaga gerbang kota Thebes dan menanyakan teka-teki pada siapapun yang ingin masuk gerbang:
“Apa yg berjalan dgn 4 kaki di pagi hari, 2 kaki di siang hari, dan 3 kaki di senja hari?”
Tak ada yang bisa menjawab, dan akhirnya harus mati dimakan monster ini. Tapi akhirnya ada seorang pemuda bernama Oedipus yang bisa menjawab pertanyaan ini, sehingga Sphinx bunuh diri dengan terjun ke dalam jurang.
Mitologi Mesir
Pada Mesir kuno, Sphinx adalah patung singa berkepala manusia, kadang-kadang mempunyai sayap. Kebanyakan Sphinx diibaratkan sebagai raja yang merupakan anak dari dewa matahari.
Nama “Sphinx” dibuat sebagai gambaran raja yang diberikan oleh orang-orang yunani yang mengunjungi mesir berabad-abad yang lalu, karena kemiripan dengan Sphinx pada mitologi yunani.

18. Nekomata

atau kucing kegelapan, merupakan makhluk dalam mitologi japan, merupakan makhlukyang mampu mengendalikan kematian, dan memiliki kekuatan hitam, dalam mitos perang sembilan dewa nekomata memiliki lambang kegelapan , di kisahkan nekomata merupakan kucing dengan dua sayap hitam malaikat dan dua ekor,dan mampu mengubah wujud menjadi manusia.

secara turun menurun nekomata diceritakan sebagai kucing yang berevolusi dari dendam karena siksaan pemiliknya.

19. Goblin

Goblin adalah sejenis makhluk supernatural yang muncul dalam dongeng-dongeng dan kisah-kisah fiksi fantasi. Mereka memiliki tinggi berkisar antara 30 cm sampai dengan 2 m. Biasanya kulit mereka berwarna hijau.

Dalam cerita rakyat eropa Goblin merupakan bangsa peri atau makhluk supernatural. Ukuran tubuh mereka kecil dan kadangkala tidak terlihat oleh mata manusia. Mereka dilukiskan sebagai makhluk mungil berwarna hijau dan bertelinga runcing.

Goblin erat kaitannya dengan api dan memiliki kemahiran untuk menciptakannya.

Menurut versi lain dalam beberapa dongeng dan kisah fantasi, Goblin merupakan bangsa makhluk yang buas dan ganas. Mereka tinggal di gua-gua yang gelap atau di bawah tanah. Ras mereka diidentikkan dengan makhluk jahat dan merupakan petarung yang brutal. Mereka dilukiskan sebagai makhluk berbadan tegap seperti manusia, berkulit hijau, telinganya lancip, dan berwajah sangar dan mengerikan. Kadang-kadang mereka menculik bayi dan memangsa manusia.

20. Dwarf

Dwarf adalah manusia kerdil dalam dongeng-dongeng Nordik dan Jerman.

Dalam mitologi, penggambaran diri dwarf adalah rupanya yang seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya. Mereka juga merupakan pembuat senjata dan tukang besi yang mahir. Mereka biasanya memperdagangkan barang-barang dari logam.

Meskipun lari mereka lambat dan tidak mahir menunggang kuda, mereka mampu mempertahankan daerah kekuasaan dengan baik. Beberapa legenda menyebutkan bahwa mereka mahir dalam menciptakan barang-barang pusaka. Dalam mitologi Nordik, mereka menciptakan rantai pusaka yang mampu mengikat srigala ganas, Fenris.

UPDATENYA nanti yo :roll:

About these ads

27 Tanggapan to “Makhluk-makhluk Mitologi”

  1. wah, ngeri ah ceritannya. ada monster yg segede gunung gitu, betul betul hewan kah hantu itu ya? yg pasti postingan ceritanya sih keren.

  2. Edison zai said

    The nemean lion itu apaan sih,Dibilang kulitnya kebal,tapi,kenapa kulitnya bisa dikuliti heracles yaa???

  3. adjie said

    kenapa sirens ekor ikan
    padahalkan yang ekor nya ikan namanya mermaid.
    trus….ada lagi “Hippogrif” nama asli nya kan Griffin yang telihat saat peradaban Minoan………….
    I don’t Like it………… >:(

  4. serem bgt monster nya

  5. okky said

    kok gambarnya ada yang ga kebuka

  6. LEMBYUNG SKETSA PDA said

    I like it

  7. Raigeki said

    I Like That… ;D

  8. agusputra said

    wah postingan nya saya juga ada nih http://agusputra.com/makhluk-mythologi-dan-legenda-vi/

    mas kita tukeran link mau engak? saya pasang link mas ya? saya tungu konfirmasinya
    klo dlm 3 hari saya engak menemukan link saya di situs mas , saya angap mas engan beeeertukar link dengan saya . trimaksaih

  9. Comment said

    komentar saya, cuma kurang banyak makhluk mitloginya, sama penjelasanya kurang banyak juga :D

  10. terima kasih infonya. izin copy kalau memang saya copy. ternyata banyak cerita ya yunani itu. kalau gini bisa sering dibaca deh

  11. Baghuzzt D'Rezpector said

    bisa tambah yg lebih bnyak lagi gx mitologi’x

  12. toshirou9 said

    bagus….nanti diperbanyak lagi makhluk2nya…

  13. ayu fitriana said

    subhanallah……………

  14. Moron said

    sep..
    bagus….
    kalo bisa mahkluk legendaris nya nge bahar yang dari indonesia….
    biar tenar gtu…. ^_^

  15. rarha said

    bagus. suka yang versi hantu2
    banyakin lagi yang hantu2nya yaa

  16. yuda said

    keren-keren

  17. mas saya juga posting artikel seperti ini bagus mas bisa tambah refernsi
    kalo mas berkenan saya pasang link nya mas di situs saya ya.. saya berharap mas juga pasang link saya http://agusputra.com/makluk-mhitologi-dan-cerita-iii/ supaya terjalin kebersamaan tentu nya , saya tungu mas konfirmasi nya maksih

  18. Cokelat rasa gula said

    norak,, kurang detail..

  19. HERMAN said

    Kurang kreatif……
    or norak………!

  20. siswanto said

    ok deeeeeeeh

  21. waa~
    nice article k’…

  22. kaminari said

    artikelnya bagus…

    banyakin dong monsternya…

  23. Saiiaa Nanda La'Chivers said

    Kerenn…
    Klo bsa d tambah lgi ea artikel’a…
    Al’a lgi btuh bgt nie…
    Lgi nyari2 nma yg pas bwt sejenis monster…^^

  24. keren banget ini postinganna, jangan ken apenyakit hiatus ya

  25. mitologi apaan sih?

    • Orang Aneh said

      diaz : mitologi itu kepercayaan. kayak di indonesia itu burung garuda, gendruwo, pocong dan teman-temannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: